PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KEAMANAN PINTU BERBASIS PENGENALAN WAJAH DENGAN METODE EIGENFACE

  • Derian Indra Bramantio

Abstract

Pengenalan wajah adalah hal yang mudah bagi manusia namun berbeda dengan pengenalan menggunakan mesin atau komputer. Kita mengidentifikasi orang dengan melihat mata dan wajah, begitu juga sama halnya dengan komputer. Pada penelitian ini pengenalan wajah akan diimplementasikan untuk membuka dan mengunci pintu secara otomatis. Aplikasi yang dibuat terdiri dari Raspberry Pi sebagai mini PC dengan bahasa pemrograman python. Sistem ini diharapkan bisa mencari sendiri posisi dari wajah di dalam sebuah citra. Algoritma yang digunakan adalah Eigenface atau yang biasa disebut dengan PCA ( Principle Component Analysis ). Penggunaan citra input diharapkan bisa menjadi lebih fleksibel, memiliki akurasi mencapai 90% sehingga hanya orang yang terdapat di database yang dapat masuk ke dalam rumah tersebut. Sedangkan motor servo dirancang agar dapat mengontrol posisi untuk membuka kunci.

Published
2019-01-16
How to Cite
BRAMANTIO, Derian Indra. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KEAMANAN PINTU BERBASIS PENGENALAN WAJAH DENGAN METODE EIGENFACE. TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika, [S.l.], v. 1, n. 2, jan. 2019. ISSN 2502-2105. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/1785>. Date accessed: 15 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.25124/tektrika.v1i2.1785.

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /client/journals/plugins/generic/recommendByAuthor/RecommendByAuthorPlugin.inc.php on line 114

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.