SISTEM TRANSFER PULSA TELEPON SELULER BERBASIS SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) Studi Kasus: P. T. Indosat Multimedia Mobile (IM3)

  • Ahmad Nugraha R.
  • Fazmah Arif Yulianto
  • Suyanto Suyanto

Abstract

Salah satu kendala dalam berkomunikasi seluler, terutama bagi pengguna layanan prabayar, adalah keterbatasan pulsa. Salah satu alternatif untuk mengatasi kendala tersebut adalah mekanisme Sistem Transfer Pulsa Telepon Seluler Berbasis SMS. Pelanggan dengan nilai pulsa lebih banyak dapat memindahkan sebagian nilai pulsanya kepada pelanggan lain yang memiliki pulsa terbatas atau bahkan habis. Transfer pulsa dilakukan dengan mengirimkan pesan SMS yang berisi permintaan transfer sejumlah nilai pulsa ke nomor lain pada operator yang sama. Berdasarkan pengujian kuantitatif, diperlukan durasi 3,504 detik untuk proses di server dengan sampel data 50.000 record. Pengukuran menunjukkan sistem mampu menyelesaikan satu transaksi SMS rata-rata selama 8,759 detik. Lamanya proses ini masih memenuhi QoS transaksi SMS yang mensyaratkan satu transaksi SMS harus selesai sebelum 10 detik. Tingginya ekspektasi responden, penilaian terhadap sistem, dan kemudahan format pesan menunjukkan sistem ini dapat dikatakan berhasil dan cukup menjanjikan untuk implementasi.

Kata Kunci: transfer pulsa, SMS

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Nugraha R.
Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Telkom, Bandung
Fazmah Arif Yulianto
Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Telkom, Bandung
Suyanto Suyanto
Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Telkom, Bandung
Published
2016-09-20
How to Cite
NUGRAHA R., Ahmad; YULIANTO, Fazmah Arif; SUYANTO, Suyanto. SISTEM TRANSFER PULSA TELEPON SELULER BERBASIS SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) Studi Kasus: P. T. Indosat Multimedia Mobile (IM3). TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika, [S.l.], v. 8, n. 2, sep. 2016. ISSN 2502-2105. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/223>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/tektrika.v8i2.223.
Section
Survey Articles