SIMULASI DAN ANALISIS PERFORMANSI DARI PROTOKOL ROUTING BERBASIS POSISI GPRS DAN GyTAR UNTUK VEHICLE COMMUNICATION PADA VEHICULAR AD HOC NETWORK (VANET)

  • Irma Nurlita Dewi
  • Rendy Munadi
  • Leanna Vidya Y.

Abstract

Vehicular Ad hoc Network (VANET) merupakan konsep subset dari Mobile Ad hoc Networks (MANET) sebagai teknologi yang memungkinkan komunikasi Inter Vehicle Communication (IVC) dan Roadside-toVehicle (RVC).VANET dikarakteristikkan dengan membangun jaringan ad hoc yang dibentuk dari nodenode berupa kendaraan bermobilitas tinggi yang dibatasi dengan aturan lalu lintas sehingga pergerakannya disesuaikan dengan pola tertentu, tidak seperti MANET yang pergerakannya bisa random tanpa ada batasan. Dengan demikian, protokol routing konvensional berbasis topologi pada MANET dinilai tidak cocok untuk VANET. Protokol routing berbasis posisi sepeti GPSR dan GyTAR dinilai cocok untuk VANET. Hal ini tak lain karena aspek dinamika topologi pada VANET yang dapat berdampak nyata pada analisis protokol routing. Dari hasil simulasi diperoleh bahwa GyTAR unggul pada skenario lingkungan perkotaan dilihat dari seluruh parameter end-to-end delay, packet delivery ratio, packet loss dan normalized routing overhead yang lebih baik dari GPSR dengan rata-rata nilai masing-masing, yakni 2,294 ms, 0,958, 4,19%, dan 0,482. Sementara pada skenario lingkungan jalan tol GPSR lebih unggul dibandingkan GyTAR dengan rata-rata nilai end-to-end delay, packet delivery ratio, dan packet loss sebesar 2,639 ms, 0,920, dan 7,923%; namun dengan perolehan NRO yang lebih kecil oleh GyTAR, yakni sebesar 1,725.

Kata Kunci: VANET, MANET , GPSR, GyTAR, IVC, SUMO

Author Biographies

Irma Nurlita Dewi
Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
Rendy Munadi
Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
Leanna Vidya Y.
Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom
Published
2016-09-21
How to Cite
DEWI, Irma Nurlita; MUNADI, Rendy; VIDYA Y., Leanna. SIMULASI DAN ANALISIS PERFORMANSI DARI PROTOKOL ROUTING BERBASIS POSISI GPRS DAN GyTAR UNTUK VEHICLE COMMUNICATION PADA VEHICULAR AD HOC NETWORK (VANET). TEKTRIKA, [S.l.], v. 1, n. 1, sep. 2016. ISSN 2502-2105. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/243>. Date accessed: 23 nov. 2017.
Section
Articles