PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN APLIKASI PEMESANAN TIKET

Authors

  • M. Raka Alfajri

DOI:

https://doi.org/10.25124/businessjournal.v6i2.4710

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mengetahui dan menganalisis pengaruh dan hubungan Customer Relationship Management dengan Loyalitas Pelanggan pada pengguna Tiket.com di Kota Bandung. Perkembangan dunia usaha berbasis teknologi dan informasi terus berkembang pesat, salah satunya usaha penyedia jasa travel online. Persaingan ketat jasa travel online di Indonesia mendorong pelaka bisnis untuk terus melakukan inovasi guna mendapatkan dan mengakuisisi pelanggan, salah satunya dengan penerapan Customer Relationship Management. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Sampel diambil dengan metode non-probality sampling dengan 100 responden. Teknik analisis data yaitu regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Customer Relationshp Management berpengaruh secara signifikan dengan total kontribusi sebesar 62,2%

Kata Kunci customer relationship management, loyalitas pelanggan, e-business

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-03-16

Issue

Section

Articles