DECISION-MAKING MODEL IN SELECTING STRATEGY FOR FOOD SUPPLY IN LIVESTOCK BUSINESS USING ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (A Case Study of WD Putra Farm)

  • Ayu Agustine Hernowo
  • Yuliani Dwi Lestari

Abstract

Dalam usaha peternakan sapi potong diketahui bahwa pakan merupakan salah satu faktor keberhasilan dan menyumbang 50,20% dari total biaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan analisis BOCR (Benefit, Opportunity, Cost, Risk) untuk mengetahui pertimbangan dalam pemilihan proses penyediaan pakan, bobot masing-masing kriteria pada strategi dalam proses penyediaan pakan, dan urutan prioritas strategi. BOCR digunakan sebagai kriteria dalam perbandingan berpasangan. Setiap kriteria (B, O, C, R) terdiri dari 13 sub kriteria atau disebut faktor yang dikembangkan dari literatur dan pertimbangan internal perusahaan. Kriteria manfaat terdiri dari 4 subkriteria yang meliputi peningkatan pembelajaran organisasi, fokus pada kompetensi inti, peningkatan gerakan organisasi, dan peningkatan pemanfaatan aset.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-16
How to Cite
HERNOWO, Ayu Agustine; LESTARI, Yuliani Dwi. DECISION-MAKING MODEL IN SELECTING STRATEGY FOR FOOD SUPPLY IN LIVESTOCK BUSINESS USING ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (A Case Study of WD Putra Farm). Business Journal : Jurnal Bisnis Dan Sosial, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 13 - 22, mar. 2022. ISSN 2620-3634. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/business/article/view/4720>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/businessjournal.v7i1.4720.
Section
Articles