PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERJADAP KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.25124/businessjournal.v7i1.4736Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh variabel (X) Literasi Keuangan mahasiswa Univesitas Telkom terhadap variabel (Y) Keputusan Investasi pada aplikasi Peer to Peer Lending. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan teknik analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Penulis menggunakan Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada sampel yang diambil menggunakan teknik non probability sampling, dengan total sampel 400 mahasiswa aktif Universitas Telkom angkatan 2016-2019 yang sudah berinvestasi pada aplikasi Peer to Peer Lending atau setidaknya mengetahui aplikasi Peer to Peer Lending. Hasil penelitian menunjukan semakin tinggi tingkat literasi keuangan yang dimiliki oleh individu semakin tinggi pula keputusan investasinya.