ANALISIS DESKRIPTIF TERHADAP USIA DAN TINGKAT PENDIDIKAN TENAGA KERJA UMKM YANG MENGELOLA DATA INSIGHT INSTAGRAM BISNIS: STUDI KASUS UMKM DI PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.25124/businessjournal.v10i1.7494Abstract
Banyaknya konsumen yang aktif mencari informasi produk melalui Instagram telah
mendorong para UMKM untuk membuka akun Instagram Bisnis. Data yang disediakan di
Insight Instagram Business, seperti profil audiens, dapat menjadi sumber informasi penting
bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan rencana strategi pemasaran produknya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui mayoritas usia dan tingkat pendidikan tenaga kerja
UMKM di Palembang yang telah menggunakan data di Insight Instagram Bisnis untuk
mendukung keputusan bisnisnya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan
menyebarkan kuesioner kepada 100 UMKM telah menggunakan fitur Insight di Instagram
dalam kurun waktu 1 tahun terakhir (1 Januari 2023 – 1 Januari 2024). Hasil penelitian ini
menemukan bahwa 90% tenaga kerja UMKM di Palembang yang telah menggunakan data di
Insight Instagram Bisnis berusia 21 – 30 tahun, sedangkan 65% tenaga kerja UMKM yang
disurvei telah menempuh tingkat pendidikan S1 atau D3 sederajat. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan gambaran tentang kalangan UMKM di Palembang yang telah
memanfaatkan data dari media sosial untuk meningkatkan kinerja bisnis.