PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MUTU SEKOLAH SMA NEGERI 4 KOTA LHOKSEUMAWE
DOI:
https://doi.org/10.25124/businessjournal.v10i1.8111Keywords:
Principal's Leadership Style, School Management, Teacher Competence, School QualityAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah
dan manajemen sekolah terhadap kompetensi guru serta implikasinya pada mutu
sekolah secara langsung maupun tidak langsung di SMA Negeri 4 Kota
Lhokseumawe. Metode penelitian kuantitatif dan analisis kausalitas. Populasi dan
dan sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang guru dengan sensus. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis jalur dengan SPSS. Pengaruh gaya
kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap mutu pendidikan sebesar 67,3%. Pengaruh
manajemen sekolah terhadap mutu sekolah sebesar 64,3%. Pengaruh kompetensi
guru terhadap mutu sekolah sebesar 49,8%. Pengaruh gaya kepemimpinan Kepala
Sekolah terhadap kompetensi guru sebesar 41,5%. Pengaruh manajemen sekolah
terhadap terhadap kompetensi guru sebesar 42,1%. Pengaruh gaya kepemimpinan
Kepala Sekolah terhadap manajemen sekolah sebesar 65,3%. Pengaruh gaya
kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap mutu sekolah melalui kompetensi sebesar
71,7%. Pengaruh manajemen sekolah terhadap mutu sekolah melalui kompetensi
guru sebesar 74,3%. Pengaruh gaya kepemimpinan Kepala Sekolah, manajemen
sekolah, dan kompetensi guru terhadap mutu sekolah secara simultan sebesar 75,8%.