INSTALASI JARINGAN KOMPUTER DAN SERVER UNTUK MENYELENGGARAKAN SIMULASI DAN PELAKSANAAN UNBK BAGI SISWA KELAS XII T.A. 2018/2019 MA SALAFIYAH AL FALAH BANDUNG

person Ratri Dwi Atmaja (Universitas Telkom)

MA Salafiyah Al Falah merupakan sekolah yang berlokasi di Jalan Ciganitri Pertanian, Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Pada tahun 2019 MA Salafiyah terdaftar sebagai salah satu sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk dapat mengikuti UNBK, sekolah diwajibkan memiliki infrastruktur yang memadai untuk menjamin suksesnya kegiatan pelaksanaan UNBK. Karena MA Salafiyah belum memiliki infrastruktur yang cukup maka kami membantu kegiatan tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Bentuk kegiatan berupa pelaksanaan Simulasi II UAMBN-BK, gladi bersih UAMBN-BK, gladi bersih UNBK, UAMBN-BK, dan UNBK. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Laboratorium Pengolahan Sinyal Digital, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom. Peserta berjumlah 16 siswa kelas XII tahun ajaran 2018/2019. Untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut, dibutuhkan 17 komputer (16 client dan 1 server) serta akses internet. Server berupa komputer dengan spesifikasi processor core i7, RAM 8 GB, dan HD 1 TB. Sesuai requirement pelaksanaan UNBK, yang disediakan akses internet hanyalah komputer server. Komputer server digunakan untuk mendownload soal ujian nasional dari server pusat Kementerian Agama dan mengupload hasil jawaban seluruh client (siswa) ke server pusat. Sedangkan antara komputer server dan komputer client menggunakan jaringan lokal.

format_quote
Citation
file_copyCopy
ATMAJA, Ratri Dwi. INSTALASI JARINGAN KOMPUTER DAN SERVER UNTUK MENYELENGGARAKAN SIMULASI DAN PELAKSANAAN UNBK BAGI SISWA KELAS XII T.A. 2018/2019 MA SALAFIYAH AL FALAH BANDUNG. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, sep. 2019. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/1905>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v3i1.1905.