Sosialisasi Implementasi Prototype Portal Manajemen Sumber Daya High Performance Computing (HPC): Simulasi Dinamika Molekular

  • Heru Suhartanto Universitas Indonesia
  • Arry Yanuar
  • Ari Wibisono
  • Yohanes Gultom

Abstract

Masalah pertama yang dihadapi terkait kegiatan  ini adalah Penggunaan sumber daya High Performance Computing (HPC) membutuhkan fasilitas superkomputer yang sangat mahal, baik pengadaan maupun perawatannya. Sehingga fasilitas HPC tersebut hanya dimiliki institusi tertentu yang memiliki sumber pendanaan cukup besar. Terutama di Indonesia, mungkin hanya segelintir lembaga pendidikan dan penelitian yang mampu memilikinya. Hal ini mengakibatkan, pemanfaatan HPC untuk penelitian menjadi terbatas, karena sangat sedikit sekali aktivitas penelitian yang memiliki akses ke fasilitas HPC tertentu. Sehingga hal ini menjadi suatu hambatan tersendiri, terutama untuk kasus penelitian yang menuntut sumber daya komputasi besar. Masalah kedua yakni para peneliti yang umumnya berasal dari berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan sering tidak memiliki kemampuan tentang bagaimana menggunakan infrastruktur HPC tersebut. Umumnya, pengguna HPC cloud akan diberikan beberapa server virtual, kemudian server virtual tersebut harus disiapkan secara mandiri sesuai kebutuhan aplikasinya. Setup tersebut berkaitan dengan instalasi Sistem operasi, midleware, aplikasi, serta beberapa konfigurasi yang tidak sederhana. (Rajan et all, 2011) Sehingga, peneliti tersebut harus bertambah pekerjaan dan waktu tambahan untuk mempelajari suatu kemampuan lain yang cukup rumit di luar esensi penelitian itu sendiri agar mampu menggunakan cloud IAAS tersebut


 


Untuk mengatasi masalah masalah pertama tersebut, muncul satu alternatif solusi, yaitu dengan penggunaan layanan cloud Infrastruktur-as-a-Service (IAAS), di mana layanan cloud tersebut menyediakan infrastruktur HPC. Layanan infrastruktur tersebut meliputi prosesor, memory, storage, jaringan internet, listrik serta perawatan. Saat ini banyak bermunculan vendor IAAS, seperti Amazon EC2 (Elastic Computing Cloud for Computing Service), S3 (Simple Storage Service), Microsoft Azure (PAAS), Google AppEngine, dan lainnya. Penulis telah mengembangkan prototype portal Sumber Daya HPC untuk simulasi dinamika molekuler sebagai output dari kegiatan penelitian beberapa tahun belakangan ini. Dalam kegiatan  ini, dilakukan  ujicoba implementasi prototype tersebut kepada usernya yakni para peneliti baik dosen dan mahasiswa.


 


Sosialisasi pengenalan dan ujicoba prototype tersebut telah dilakukan kepada beberapa rekan dosen, peneliti dan mahasiswa di Universitas Padjajadan dan Institute Teknologi Bandung. Berdasarkan hasil kuesioner kegiatan sosialisasi ini, seluruh peserta merasa puas dengan kegiatan sosialisasi ini dan menganggap prototype tersebut dapat membantu memperbaiki kondisi mereka. Sistem yang diperkenalkan ini juga dianggap sesuai oleh seluruh peserta untuk mengangkat potensi bidang mereka (farmasi/kimia). Sebagian besar peserta juga merasa puas dengan acara yang diselenggarakan ini dan merasa cukup mampu untuk memanfaatkan sistem ini secara mandiri tanpa bantuan/pendampingan dari tim UI.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-13
How to Cite
SUHARTANTO, Heru et al. Sosialisasi Implementasi Prototype Portal Manajemen Sumber Daya High Performance Computing (HPC): Simulasi Dinamika Molekular. Charity, [S.l.], v. 3, n. 2, july 2020. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/2369>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v3i1.2369.