Implementasi Kurikulum Robotik di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Husnul Khotimah 2 Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.25124/charity.v3i2.2539Keywords:
Robotik; kurikulum; Pesantren; Industri 4.0Abstract
Kemampuan yang harus disiapkan dalam menghadapi era Industri 4.0 diataranya adalah kemampuan terkait Teknologi Informasi, robotika, dan otomasi. Kemenristek Dikti sudah mencanangkan bahwa kurikulum pendidikan harus sesuai dengan kebutuhan industri 4.0. Pondok Pesantren Husnul Khotimah 2 (PPHK) Kuningan Jawa Barat adalah salah satu Pondok Pesantren Unggulan di Jawa Barat. PPHK 2 sudah mendapatkan A dan memiliki prestasi menjadi juara kompetisi di Tingkat Nasional baik dalam bidang sains maupun Musabaqah Quran. Saat ini kurikulum pendidikan di PPHK 2 maupun kegiatan ekstra kurikuler belum mendukung ke arah kompetensi RI 4.0. Sehingga perlu dibantu untuk dirancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk merancang dan implementasi kurikulum Robotik yang disesuaikan dengan kebutuhan kurikulum sekolah di tingkat Madrasah Tsanawiyah PPHK 2. Pengenalan robotik ini menjadi penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi era revolusi industri 4.0 (IR 4.0). Secara umum solusi danĀ tahapan aktivitas pengabdian terbagi ke dalam tiga tahap, yaitu: (1) Mengembangkan kurikulum robotik; (2) Pelatihan implementasi kurikulum robotik; (3) Pembentukan kelompok ilmiah remaja (KIR) Robotik. Output yang diharapkan dari pengabidian kepada masyarakat ini adalah: (1) Adanya kurikulum robotik di MTS PPHK 2; (2) Adanya Guru-Guru yang bisa menghantarkan kurikulum robotik kepada Siswa sesuai dengan kurikulum yang sudah dirancang; (3) Adanya Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) untuk memperdalam pengetahuan robotik. Sehingga pada akhirnya ada outcome yaitu: (1) Peningkatan prestasi Siswa dalam kejuaran robotik tingkat daerah; (2) Meningkatkan citra pesantren Husnul Khotimah sebagai pesantren berbasis akhlak dan ilmu pengetahuan; (3) Meningkatkan minat siswa pesantren kepada ilmu robotik. Evaluasi Pelaksanaan dilakukan dengan cara: (1) Penyebaran kuisioner untuk mengukur pencapaian output/outcome dari hasil implementasi kurikulum; (2) kunjungan dan observasi lapangan; (3) pendampingan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the Charity agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
Information
Notice about change in the copyright policy of the journal 'Charity' : "From Vol 1, No.1 onwards the copyright of the article published in the journal 'Charity' will be retained by the author"
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.