PENGENALAN DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA USAHA KERIPIK TEMPE PESANTREN ARAFAH, CILILIN, KAB. BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.25124/cosecant.v6i1.7794Kata Kunci:
digital marketing, keripik tempe, pengenalan, pelatihan, pesantren arafah, UMKMAbstrak
Strategi pemasaran digital merupakan salah satu strategi yang dapat diimplementasikan pada unit usaha keripik tempe Pesantren Arafah, Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat, unit usaha keripik tempe Pesantren Arafah dapat memiliki peluang dalam mengenalkan merek dan memperluas pangsa pasar. Tujuan kegiatan PkM pada mitra usaha adalah memberikan pengenalan dan pelatihan praktis mengenai pemasaran digital kepada mitra usaha dengan menggunakan platform digital. Identifikasi permasalahan dan pengumpulan informasi dilakukan dengan observasi & diskusi secara hybrid, sedangkan untuk pelatihan dilakukan secara on-site di lokasi Pondok Pesantren Arafah. Pelatihan tersebut mencakup rancangan awal pemunculan ide hingga pembuatan konten menggunakan software Canva dan pembuatan copywriting. Program pengenalan dan pelatihan digital marketing yang dilakukan oleh tim PkM dapat membantu mitra dalam memahami praktik digital marketing dengan efektif. Dengan PkM yang telah dilakukan, pihak pengelola usaha diharapkan di masa depan mampu secara mandiri untuk melakukan pemasaran digital melalui platform digital lainya dan membuat konten beserta copywriting. Dengan demikian, diharapkan merek keripik tempe Pesantren Arafah dapat lebih dikenal dan menjangkau lebih banyak konsumen.