TY - JOUR AU - Wirasari, Ira AU - BR Karo, Theodora Evipani PY - 2018/09/28 TI - KAJIAN GAYA BAHASA IKLAN ANTANGIN FIT PADA MEDIA SOSIAL JF - Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan; Vol 3 No 02 (2018): Vol 03, No 02 (September 2018) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan PeriklananDO - 10.25124/demandia.v3i02.1545 KW - N2 - Iklan merupakan tanda dan citra visual yang harus diberi makna. Melalui iklan informasi dapat disampaikan kepada konsumen tentang produk tertentu yang diiklankan. Adapun penelitian ini menganalisis gaya bahasa pada iklan Antangin FIT di media sosial, yang bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif iklan serta makna visual yang terkandung di dalam iklan Antangin FIT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik utama yaitu wawancara terhadap desainer iklan dan studi literatur serta menggunakan pendekatan teori semiotika Roland Barthes untuk mendeskripsikan makna visual yang terkandung di dalam iklan. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa strategi kreatif yang digunakan pada iklan Antangin FIT adalah dengan menggunakan strategi kreatif atau unique selling proposition (USP) yang berarti strategi proposisi penjualan unik. Alasan penggambaran sosok perempuan multitasking dikarenakan dapat menangani banyak pekerjaan atau kewajiban sekaligus perannya lebih banyak dibandingkan laki-laki. Hal ini terlihat dari aspek visual pada iklan yang menggambarkan perempuan memiliki banyak tangan. Sedangkan pada aspek tekstualnya terdapat kata “tumbang” yang mengandung gaya bahasa (majas) hiperbola Dengan demikian, iklan ini berfokus kepada strategi kreatif iklan yang menggunakan perempuan sebagai kekuatan di dalam iklan, meskipun banyak kegiatan atau pekerjaan yang ditangani selalu tetap FIT dengan produk Antangin FIT.  UR - //journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/1545