%A hidayattuloh, muhammad %A Sumargono, Iman %D 2021 %T BRANDING EMOSIONAL PADA VISUALISASI IKLAN TELEVISI WULING CONFERO S %K %X Hadirnya kendaraan roda empat berjenis small mpv, mendorong berbagai merek untuk memproduksi dan memasarkan jenis kendaraan tersebut. Dalam mendukung pemasaran, iklan digunakan untuk menarik minat konsumen. Wuling Motor menghadirkan Confero S sebagai kedaraan small MPV di Indonesia. Untuk menarik minat konsumen, Wuling menghadirkan iklan Confero S “The Real Spacious Family MPV, As Comfort As Home” yang berdurasi 60 detik. Pada iklan tersebut menampilkan sisi emosional berkendara yang dipadukan dengan fitur yang ada pada kendaraan. Melalui teori branding emosional dengan pendekatan panca indera yang dikemukakan oleh Marc Gobe, maka pada penelitian ini akan mengkaji bagaimana pengaplikasian teori emosional branding pada visualisasi iklan televisi tersebut. Selain dari itu, penelitian ini akan menelaah bentuk branding emosional dengan mengkaji visualisasi adegan dan narasi yang ada pada iklan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui aspek apa saja yang harus diperhatikan dalam merancang iklan melalui pendekatan teori branding emosional. Dari penelitian ini mendapatkan simpulan bahwa branding emosional pada iklan televisi konsumen dengan memperhatikan atribut visual seperti warna, tekstur, maupun adegan pada iklan yang dihubungkan dengan fitur kendaraan, mampu meningkatkan branding emosional bagi yang melihatnya. Sedangkan narasi yang dijadikan sebagai voice over mampu mendukung pesan utama iklan yang memudahkan konsumen untuk memahami maksud maupun pesan dalan iklan tersebut. Kata Kunci: branding, branding emosional, iklan, panca indera, Confero S %U //journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/2943 %J Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan %0 Journal Article %R 10.25124/demandia.v6i2.2943 %P 217-236%V 6 %N 2 %@ 2502-2431 %8 2021-09-08