TY - JOUR AU - Ayuswantana, Alfian Candra AU - Darmawan, Yurif Setya AU - Nastiti, Ratna Andriani PY - 2022 TI - KAJIAN SOSOK NAGA PADA IKLAN SUSU BEAR BRAND 2015 & 2021 DALAM SUDUT PANDANG POSTMODERNISM JF - Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan; Vol 7 No 1 (2022): demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan DO - 10.25124/demandia.v7i1.3836 KW - N2 - Fenomena panic buying susu kaleng Bear Brand periode Juni-Juli 2021 seiring dengan merebaknya gelombang kedua COVID-19 di Indonesia menarik untuk kembali menelaah strategi komunikasi iklan televisi produk Bear Brand hingga mampu menggerakkan target pasarnya melakukan panic buying tersebut. Penetrasi ceruk pasar Bear Brand sebagai susu pasteurisasi memberi daya tarik tersendiri kepada pasar yang menerimanya. Tidak seperti susu kemasan lainnya Bear Brand dikenal masyarakat luas sebagai “obat” untuk rekondisi pemulihan ketika kondisi tubuh sedang tidak sehat. Bear Brand dalam menjaga kelanggengan brand image dirinya senantiasa menggunakan iklan sebagai salah satu media bujukan/rayuan. Dalam Iklan Televisi Bear Brand tahun 2015 & 2021, Sosok Naga menjadi aktor utama dan sebagai sebuah penanda kekuatan sekaligus sebagai representasi susu Bear Brand. Kajian ini berfokus untuk menelisik lebih dalam bagaimana sosok naga dalam iklan tersebut membangun rangkaian pesan untuk membangun brand image susu Bear Brand. Analisis makna iklan menggunakan metode semiotika visual yang ditinjau dari sudut pandang posmodern. Hasil kajian ini, sosok citra Naga dalam iklan televisi Bear Brand tahun 2015 & 2021 merupakan alat utama dalam menanamkan mitos image brand Bear Brand bukan susu kaleng pada umumnya. Kata kunci: citra naga/ long, iklan televisi, bear brand, semiotika visual UR - //journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/3836