IMPLEMENTASI VIRTUAL LABORATORY SISTEM KOMUNIKASI OPTIK PADA JURUSAN D3 TEKNOLOGI TELEKOMUNIKASI BERBASIS MARKERLESS AUGMENTED REALITY

  • Jojor Simanullang Telkom University
  • Muhammad Iqbal Telkom University
  • Tri Nopiani Damayanti

Abstract

Sistem Komunikasi Optik adalah salah satu mata kuliah yang terdapat pada jurusanĀ  D3 Teknologi Telekomunikasi dan memiliki laboratorium untuk melakukan pelaksanaan praktikum. Pada mata kuliah Sistem Komunikasi Optik ini memiliki beberapa modul pembelajaran yang harus dilaksanakan didalam laboratorium supaya mahasiswa dapat berinteraksi secara langsung dengan perangkat-perangkat yang terdapat didalam sistem komunikasi optik. Namun dikarenakan adanya pandemi saat ini yang menyebabkan pembelajaran dilingkungan kampus beralih kedalam pembelajaran online sehingga pelaksanaan beberapa praktikum ditiadakan termasuk praktikum dari mata kuliah Sistem Komunikasi Optik sendiri dan karena perubahan sistem pembelajaran ini menyebabkan akses kedalam laboratorium dibatasi. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pelaksanaan praktikum sistem komunikasi optik pada jurusan D3 Teknologi Telekomunikasi, aplikasi ini akan menampilkan alat-alat yang digunakan pada saat praktikum yang dilaksanakan didalam laboratorium secara real time dan berbentuk 3D, adapun alat-alat yang ditampilkan dalam aplikasi ini adalah cleaver, fusion splicer, ODP closure, OPM, OTDR, patch cord, dan splitter. Berdasarkan hasil pengujian, semua konten dan sistem dalam aplikasi berfungsi seperti yang diharapkan, dimana aplikasi SKO Virtual Laboratory mampu menampilkan objek dengan benar ketika kamera smartphone android diarahkan kearah mata angin sebelah Utara dengan sudut 0? atau 360 ?, cahaya yang berbeda di dalam ruangan atau diluar ruangan yang dijadikan tempat pendeteksian objek tidak mempengaruhi hasil dari tampilan objek 3D. Berdasarkan hasil 25 responden, hasil survei permintaan aplikasi memberikan skor MOS terbaik dengan nilai 4,84 sedangkan survei manfaat aplikasi MOS memberikan skor MOS terbaik hasil terbaik dengan nilai 4,8.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-17
How to Cite
SIMANULLANG, Jojor; IQBAL, Muhammad; DAMAYANTI, Tri Nopiani. IMPLEMENTASI VIRTUAL LABORATORY SISTEM KOMUNIKASI OPTIK PADA JURUSAN D3 TEKNOLOGI TELEKOMUNIKASI BERBASIS MARKERLESS AUGMENTED REALITY. Jurnal Elektro dan Telekomunikasi Terapan (e-Journal), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 1068 - 1079, dec. 2021. ISSN 2442-4404. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jett/article/view/4114>. Date accessed: 24 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.25124/jett.v8i2.4114.