PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TUNER GITAR OTOMATIS DENGAN PENGGERAK MOTOR SERVO BERBASIS ARDUINO

  • Randi Yusuf Nasution
  • Hasanah Putri
  • Yuli Sun Hariyani

Abstract

Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling digemari, dan dapat dimainkan oleh semua orang. Saat ini masih banyak ditemukan pengguna gitar yang tidak bisa melakukan tuning senar gitar dan jika dilakukan manual juga membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil tuning yang akurat. Hal ini dapat diatasi dengan perkembangan teknologi Pengguna gitar sekarang ini dapat melakukan tuning senar lebih mudah dan lebih cepat dengan tingkat toleransi kesalahan frekuensi tuning ± 1 Hz dengan menggunakan tuner gitar otomatis.
Perancangan alat tuner gitar otomatis ini menggunakan 5 komponen pembentuk alat yaitu selector switch untuk memilih frekuensi yang akan diatur, Op amp untuk menguatkan amplitudo gelombang suara agar diterima arduino dengan baik, Arduino untuk menginisialisasi frekuensi dan memberi sinyal ke motor servo, Motor servo untuk melakukan tuning senar gitar, dan LED sebagai indikator tuning.
Hasil dari penelitian ini adalah keakuratan tuning untuk setiap senar didapatkan rata-rata tuning paling baik yaitu senar 5 dengan rata-rata kesalahan tuning 0,07 Hz dan rata-rata tuning paling buruk yaitu senar 1 dengan rata-rata kesalahan tuning sebesar 0,8 Hz. Alat yang dapat membantu pengguna gitar melakukan tuning senar gitar secara otomatis dengan tingkat kesalahan maksimum ± 1 Hz dari standar frekuensi setiap nada senar gitar yang telah ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-26
How to Cite
NASUTION, Randi Yusuf; PUTRI, Hasanah; HARIYANI, Yuli Sun. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TUNER GITAR OTOMATIS DENGAN PENGGERAK MOTOR SERVO BERBASIS ARDUINO. Jurnal Elektro dan Telekomunikasi Terapan (e-Journal), [S.l.], v. 2, n. 1, july 2016. ISSN 2442-4404. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jett/article/view/96>. Date accessed: 28 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jett.v2i1.96.
Section
Articles