Rancang Bangun Front-End Dashboard Pengukuran Kinerja menggunakan Metode Balanced Scorecard

Studi Kasus: Unit P3I Universitas Telkom

Authors

  • Taufik Mulya Wijaya
  • Roswan Latuconsina
  • Ashri Dinimaharawati

DOI:

https://doi.org/10.25124/jnst.v1i1.6591

Keywords:

aplikasi, pengukuran kinerja, front-end, Balanced Scorecard

Abstract

Universitas Telkom memiliki aktivitas rutin yaitu pengukuran kinerja. Unit P3I (Perencanaan, Pengembangan, dan Pengendalian Institusi) selaku yang bertugas mengelola pengukuran kinerja pada Univeristas Telkom. Pengukuran kinerja yang dilakukan masih menggunakan perangkat lunak Microsoft Office Excel dan atau Spreadsheet. Penggunaan perangkat lunak tersebut masih kurang efektif dan efisien ketika sedang proses kelola dan pengukuran. Sebagai solusi, penelitian ini akan membangun sistem front-end aplikasi Dashboard Pengukuran Kinerja. Metode yang digunakan yaitu Balanced Scorecard sebagai alat ukur kinerja dan User Centered Design (UCD) sebagai perancangan desain antarmuka. Pengujian aplikasi akan menggunakan metode Black Box Testing, White Box Testing dan User Acceptance Testing (UAT). Berdasarkan hasil pengujian Black Box dan White Box terhadap pembangunan aplikasi telah berhasil dibangun karena seluruh skenario yang diujikan sudah terpenuhi. Berdasarkan hasil pengujian UAT terhadap alur program yang dilakukan oleh unit P3I menyatakan aplikasi sudah baik sebanyak 33,33% dan aplikasi dinyatakan belum mudah untuk digunakan. Pengujian UAT terhadap output perhitungan pengukuran yang dilakukan oleh unit P3I menyatakan aplikasi sudah baik sebanyak 66,67% dan aplikasi dinyatakan sudah sesuai dengan kebutuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-07

Issue

Section

Articles