Analisis Perbandingan Quality of Services (QoS) Protokol HTTP dan MQTT pada Sistem Monitoring Berat Ayam Broiler Berbasis IoT

person Fani Candra Kusuma
person Nyoman Bogi Aditya Karna
person Arif Indra Irawan
alternate_email

Pada era globalisasi yang sedang berlangsung, perkembangan teknologi Internet of Things (IoT) sedang mengalami kemajuan pesat. Hal ini membawa banyak manfaat dan kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang peternakan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Quality of Services (QoS) antara protokol HTTP dan MQTT pada sistem pemantauan berat ayam pedaging berbasis IoT. Sistem ini terdiri dari komponen input berupa sensor berat yang diletakkan pada tatakan untuk membaca tekanan berat pada ayam. Data berat yang terbaca oleh modul HX711 dikirim oleh mikrokontroler Node MCU ESP8266 ke broker/server melalui protokol HTTP dan MQTT. Data tersebut kemudian diterima oleh Node-RED dan diparse ke database MySQL kemudian dipanggil dan ditampilkan pada dashboard grafana. Hasil analisis QoS didapatkan rata-rata nilai untuk parameter delay sebesar 15,3002 ms untuk protokol HTTP dan 57,9771 ms untuk protokol MQTT. Untuk rata-rata nilai pada parameter throughput sebesar 1248,719 bps pada protokol HTTP dan 919,900 bps pada protokol MQTT. Untuk rata-rata nilai pada parameter packet loss sebesar 0% untuk protokol HTTP dan 0% untuk protokol MQTT.

format_quote
Citation
file_copyCopy
KUSUMA, Fani Candra; KARNA, Nyoman Bogi Aditya; IRAWAN, Arif Indra. Analisis Perbandingan Quality of Services (QoS) Protokol HTTP dan MQTT pada Sistem Monitoring Berat Ayam Broiler Berbasis IoT. Jurnal Nasional SAINS dan TEKNIK, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 16-22, july 2024. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jnst/article/view/7987>. Date accessed: 27 july 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jnst.v2i1.7987.