Usulan Kebijakan Persediaan Produk Tepung Mocaf dengan Menggunakan Metode Continuous Review (s,S) dan Periodic Review (R,s,S) untuk Meminimasi Overstock pada Gudang Produk Jadi di PT RMI

person Sondang Eko Irawanto
person Nova Indah Saragih
person Budi Santosa

PT RMI merupakan perusahaan yang terletak di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang bergerak dalam industri pangan yang memproduksi tepung mocaf. PT RMI memiliki permasalahan utama pada bagian pengendalian persediaan, dimana jumlah persediaan dari produk tepung mocaf selalu lebih tinggi dibandingkan jumlah demand yang ada, sehingga membuat persediaan produk tepung mocaf di gudang produk jadi menjadi overstock dan beberapa produk tepung mocaf terpaksa harus ditempatkan di luar area gudang produk jadi. Terdapat beberapa akar permasalahan yang menyebabkan adanya overstock pada produk tepung mocaf, salah satunya adalah kebijakan persediaan yang kurang optimal. Pada penelitian ini, metode yang digunakan untuk merancang kebijakan persediaan produk tepung mocaf adalah continuous review (s,S) dan periodic review (R,s,S). Dengan menggunakan metode continuous review (s,S) dan periodic review (R,s,S), dapat menghasilkan jumlah ekspektasi overstock produk tepung mocaf masing-masing 94,93% dan 94,27% lebih kecil dibandingkan dengan kondisi eksisting. Selain itu, dengan menggunakan metode continuous review (s,S) dan periodic review (R,s,S), dapat menghasilkan total biaya persediaan masing-masing 15,66% dan 13,93% lebih kecil dibandingkan dengan kondisi eksisting.

format_quote
Citation
file_copyCopy
IRAWANTO, Sondang Eko; SARAGIH, Nova Indah; SANTOSA, Budi. Usulan Kebijakan Persediaan Produk Tepung Mocaf dengan Menggunakan Metode Continuous Review (s,S) dan Periodic Review (R,s,S) untuk Meminimasi Overstock pada Gudang Produk Jadi di PT RMI. Journal of Production, Enterprise, and Industrial Applications, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 20-27, oct. 2023. ISSN 3031-2965. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jpeia/article/view/6514>. Date accessed: 14 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jpeia.v1i1.6514.