Perancangan Kebijakan Persediaan Obat untuk Meminimasi Overstock di Bidang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi XYZ Menggunakan Metode Probabilistik Periodic Review.

person Jeehan Hafizha Herfi
person Muhammad Nashir Ardiansyah
person Femi Yulianti

Dinas Kesehatan Provinsi merupakan unsur pelaksana otonomi daerah di bidang kesehatan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur. Dinas kesehatan bertugas melakukan distribusi obat kepada dinas kesehatan yang berada di kota/kabupaten. Pada saat ini manajemen persediaan obat di Dinas Kesehatan Provinsi XYZ masih belum memiliki kebijakan persediaan yang baik seperti tidak adanya waktu pemesanan obat yang tepat dan belum adanya standar perhitungan jumlah obat yang harus dipesan. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan obat yang berada di Gudang Farmasi. Prioritas obat yang memiliki persentase persediaan tertinggi adalah Obat Gizi dan Anak. Penumpukan ini terjadi karena terdapat gap anatara jumlah persediaan dan permintaa selama tahun 2021. Gap tersebut bisa menyebabkan terjadinya overstock. Oleh karena itu, solusi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah perancangan kebijakan persediaan obat gizi dan anak untuk meminimasi overstock. menggunakan periodic review (R,s,S) dan periodic review (R,S). Pada kebijakan ini terdapat paramater yang ditentukan seperti review interval (R), reorder point (s) dan maksimum persediaan (S). Dengan menggunakan metode ini, didapatkan hasil jumlah overstock dapat diminimasi dengan penurunan persediaan usulan sebesar 60% dibandingkan dengan kondisi persediaan aktual.

format_quote
Citation
file_copyCopy
HERFI, Jeehan Hafizha; ARDIANSYAH, Muhammad Nashir; YULIANTI, Femi. Perancangan Kebijakan Persediaan Obat untuk Meminimasi Overstock di Bidang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi XYZ Menggunakan Metode Probabilistik Periodic Review.. Journal of Production, Enterprise, and Industrial Applications, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 38-44, oct. 2023. ISSN 3031-2965. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jpeia/article/view/6725>. Date accessed: 14 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jpeia.v1i1.6725.