Penentuan Rute Armada Pengiriman CV. XYZ Menggunakan Pendekatan Vehicle Routing Problem with Time Window and Heterogeneous Fleet dengan Mixed Integer Linear Programming untuk Meminimasi Tingkat Keterlambatan

person Naufal Agin Ramadhan
person Muhammad Nashir Ardiansyah
person Hardian Kokoh Pambudi

CV. XYZ adalah produsen produk olahan kedelai tahu yang berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat dan memiliki konsumen yang tersebar di daerah kota Depok dan Jakarta Selatan. Terdapat tiga jenis rmada transportasi yang dimiliki oleh CV. XYZ, masing-masing memiliki karakteristik yang berbedabeda. Setiap pelanggan memiliki rentang waktu penerimaan barang masing-masing. Bila kendaraan datang di luar rentang waktu yang telah ditentukan, penerimaan barang tidak dapat dilakukan dan produk dikembalikan lagi ke pabrik. CV. XYZ mengalami keterlambatan dalam proses pengirimannya yang diakibatkan oleh penentuan rute yang tidak dilakukan secara teratur yang menyebabkan variasi waktu tempuh dan jam kedatangan yang acak. Permasalahan CV. XYZ dapat diselesaikan menggunakan pendekatan Vehicle Routing Problem (VRP) dengan karakteristik Heterogeneous Fleet dan Time Windows dan Mixed Integer Linear Programming. Penyelesaian model VRP dibantu dengan bahasa pemrograman python dan perangkat lunak solver Gurobi, dengan algoritma Branch & Bound dan Cutting Plane. Hasil penyelesaian model VRP memiliki tingkat keterlambatan sebesar 0% dan berhasil menekan biaya transportasi sebesar 11%.

format_quote
Citation
file_copyCopy
RAMADHAN, Naufal Agin; ARDIANSYAH, Muhammad Nashir; PAMBUDI, Hardian Kokoh. Penentuan Rute Armada Pengiriman CV. XYZ Menggunakan Pendekatan Vehicle Routing Problem with Time Window and Heterogeneous Fleet dengan Mixed Integer Linear Programming untuk Meminimasi Tingkat Keterlambatan. Journal of Production, Enterprise, and Industrial Applications, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 45-54, oct. 2023. ISSN 3031-2965. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jpeia/article/view/6753>. Date accessed: 14 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jpeia.v1i1.6753.