Strategi Pemasaran Digital Pada Hellikopi Menggunakan Metode SOSTAC

Authors

  • Redi Isman Listrianto
  • Agus Achmad Suhendra
  • Putra Fajar Alam

DOI:

https://doi.org/10.25124/jpeia.v1i1.6785

Keywords:

Hellikopi, Pemasaran Digital, Strategi Pemasaran, SOSTAC

Abstract

Hellikopi merupakan kedai kopi yang berlokasi di Kota Bandung khususnya di daerah Gegerkalong. Saat ini penjualan dari Hellikopi masih di dominasi oleh penjualan secara offline. Penjualan pada periode Juni 2021 sampai Desember 2022 bersifat fluktuatif dan masih belum mencapai target yang telah di tentukan berdasarkan kemampuan Hellikopi. Hal ini disebabkan karena penjualan yang masih didominasi oleh pembelian berulang dari pelanggannya yang sama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran digital pada Hellikopi untuk meningkatkan market share dengan menggunakan metode SOSTAC. Metode SOSTAC terdiri dari enam tahapan dalam penyusunan strategi pemasaran digital, yaitu situation analysis, objective, strategy, tactics, action dan control. Rancangan strategi pemasaran digital yang diusulkan kepada Hellikopi adalah strategi Search Engine Optimization (SEO), Social Media Marketing Instagram, Social Media Marketing TikTok, dan Influencer Marketing. Kemudian rancangan digambarkan dalam strategy map untuk memudahkan Hellikopi untuk memahami strategi tersebut. Perancangan strategi pemasaran digital pada Hellikopi diharapkan mampu meningkatkan penjualan, meningkatkan interaksi pelanggan, menghemat budget promosi,

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-31