Perancangan Atribut Kebutuhan Celana Chino Simply Supply Menggunakan Integrasi Product Quality dan Model Kano

Authors

  • Leonardo Florensisco Sinaga
  • Yati Rohayati
  • Boby Hera Sagita

DOI:

https://doi.org/10.25124/jpeia.v2i1.7432

Keywords:

Voice of Customer, Kualitas Produk, Model Kano, True Customer Needs

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanpenjualan dan pangsa pasar Simply Supply denganmemperbaiki kualitas produk celana chino. SimplySupply merupakan merek fashion lokal yang menjualproduk – produk fashion melalui marketplace.Permasalahan yang dihadapi oleh Simply Supplymeliputi ketidakcapaian target penjualan, pangsa pasaryang rendah, dan keluhan pelanggan terhadap atributproduk. Integrasi product quality dan model kanomenjadi metode yang digunakan untuk memahamikepuasan pelanggan terhadap atribut produk. Datadiperoleh melalui analisis sentimen, komentar pelanggan,dan wawancara dengan pemilik Simply Supply. Analisissentimen menunjukkan bahwa 31% pelangganmemberikan sentimen negatif terhadap produk celanachino Simply Supply. Keluhan pelanggan mencakupketidaknyamanan potongan celana, kualitas bahan yangtipis, dan ketidaksesuaian warna. Selain itu, celana chinoSimply Supply juga memiliki kelemahan dalam variasimodel celana dan ketidakrapihan jahitan. Denganmenggunakan model kano, atribut kebutuhan pelangganyang menjadi prioritas diidentifikasi, dan rekomendasiperbaikan atribut diberikan. Penelitian ini diharapkandapat membantu Simply Supply untuk meningkatkanpenjualan dan pangsa pasar dengan meningkatkankualitas produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-04

Issue

Section

Articles