Penentuan Rute yang Optimal pada CV Uli Menggunakan Integer Linear Programming untuk Dapat Mencapai Target Jumlah Kunjungan Salesman

person Gheacinta Audrey Ritonga
person Prafajar Suksessanno Muttaqin (Universitas Telkom)
person Nia Novitasari

CV ULI adalah salah satu distributor tepung panirdi pulau Sumatera yaitu Palembang, Jambi, Padang, Pekanbaru,Sumatera Utara dan Aceh. Namun dari beberapa wilayah yang dicakup oleh CV ULI, Sumatera Utara terutama Kota Medan belumdapat mencapai target. Faktor utama penyebab tidak tercapainyatarget distribusi adalah penjualan/distribusi produk belummaksimal dan mapping area dan time territory management yangbelum memadai penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitupenentuan rute yang optimal pada CV ULI untuk dapat memenuhitarget yang sudah ditentukan. Pengumpulan data dilakukanmelalui studi lapangan di CV ULI dan studi literatur, dimanasumber data primer didapatkan dari perusahaan dan datasekunder didapatkan dari google maps terkait jarak, waktu dantitik lokasi outlet. Dibantu dengan model Vehicle RoutingProblem (VRP) dengan pendekatan Integer Linear Programming(ILP) menggunakan VRPy, didapatkan bahwa perancangan yangdilakukan dengan penentuan rute yang optimal sehinggakendaraan dapat mengunjungi semua titik lokasi pelanggandengan waktu kerja menghasilkan tidak hanya dapat mencapaitarget yang sudah ditentukan tetapi juga meningkat sebesar 61%dari persentase pencapaian sebelumnya sehingga dapat menjadipertimbangan untuk CV ULI dapat mengimplementasikanperancangan yang telah dilakukan.

format_quote
Citation
file_copyCopy
RITONGA, Gheacinta Audrey; MUTTAQIN, Prafajar Suksessanno; NOVITASARI, Nia. Penentuan Rute yang Optimal pada CV Uli Menggunakan Integer Linear Programming untuk Dapat Mencapai Target Jumlah Kunjungan Salesman. Journal of Production, Enterprise, and Industrial Applications, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 49–56, june 2024. ISSN 3031-2965. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jpeia/article/view/7451>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jpeia.v2i1.7451.