Audit Teknologi Informasi dan Pengujian Kontrol Risiko pada Unit Network & IT Solution PT Telkom Indonesia Tbk Menggunakan Framework COBIT 2019

person Fitri Adini Firdaus
person Lukman Abdurrahman ((Scopus ID: 56411893600), Telkom University, Indonesia)
person Ryan Adhitya Nugraha

PT Telkom Indonesia Tbk, sebagai salah satuperusahaan ternama di Indonesia dalam bidang teknologiinformasi, memiliki tanggung jawab besar dalam memastikanbahwa sistem Teknologi Informasi perusahaan handal. Namun,berdasarkan hasil pengambilan data, terdapat risiko yang sudahmemiliki kontrol namun belum efektif dalam mengurangi levelrisiko tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan audit danpengujian pada kontrol risiko terkait TI untuk mencapaiefektivitas pengelolaan risiko terkait. Penelitian ini berfokuspada audit TI menggunakan COBIT 2019 pada unit Network& IT Solution di PT Telkom Indonesia Tbk. Unit ini memegangperan penting dalam menyediakan solusi teknologi informasiyang efisien. Pengujian efektivitas kontrol risiko menggunakanCOBIT 2019 I&T Risk Focus Area. Hasil penelitian ini akanmengemukakan beberapa rekomendasi yang sesuai dengankriteria dan aktivitas dalam objektif COBIT 2019 I&T RiskFocus Area. Hasil penelitian ini, menghasilkan pengujiankontrol risiko dari segi rancangan belum terbukti menurunkantingkat risiko serta tidak terdapat bukti Pemisahan tugas padarisiko R1, R3, R6, R7, R8, R9, R10. Semua aktivitas kontrolrisiko terbukti efektif dari segi operasional. Adapun untuk auditkontrol risiko berdasarkan COBIT 2019 terdapatketidaksesuaian pada beberapa aktivitas sehingga harusdilakukan perbaikan seperti objektif DSS04 ManagedContinuity, objektif APO07 Managed Human Resources danobjektif APO09 Managed Service Agreements.

format_quote
Citation
file_copyCopy
FIRDAUS, Fitri Adini; ABDURRAHMAN, Lukman; NUGRAHA, Ryan Adhitya. Audit Teknologi Informasi dan Pengujian Kontrol Risiko pada Unit Network & IT Solution PT Telkom Indonesia Tbk Menggunakan Framework COBIT 2019. Journal of Production, Enterprise, and Industrial Applications, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 38–42, june 2024. ISSN 3031-2965. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jpeia/article/view/7455>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jpeia.v2i1.7455.