Pengaruh Karateristik Website Terhadap Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Dedi Rianto Rahadi

Abstract

E-commerce merupakan salah satu sarana untuk bertransaksi secara online. Pengguna akan merasa puas apabila e-commerce memberikan rasa aman, kenyamanan berbelanja, desain situs menarik, informatif, komunikatif. Penelitian dilakukan dengan menilai pengguna melalui kuesioner dengan responden masyarakat kota Palembang sebanyak 73 responden yang sudah pernah bertransaksi secara online. Indikator yang digunakan adalah kenyamanan belanja, desain situs, informatif, keamanan, komunikasi serta kepuasan pelanggan. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan semua variabel berpengaruh signifikan terhadap terhadap kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan pelanggan. Secara parsial hanya kenyamanan berbelanja yang tidak berpengaruh signifikan dan variabel desain situs, keamanan, komunikatif dan informatif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kondisi ini menunjukkan bahwa pengelola e-commerce perlu memperhatikan apa yang menjadi keinginan dari pengguna terutama keamanan, informatif, komunikatif maupun desain situs yang menarik, sehingga pengguna akan merasa puas dan percaya untuk bertransaksi secara online

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-05

Issue

Section

Articles