E-Commerce untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus : Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan)

Authors

  • Bestary Gambrien
  • Risnandar Risnandar
  • Ade Rahmat Iskandar

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tana Toraja Merupakan salah satu usaha produktif yang sering dilakukan oleh sebagian besar kalangan usaha masyarakat Indonesia khususnya Tana Toraja secara turun-temurun. Salah satu usaha produktif yang paling banyak berkembang di Tana Toraja adalah usaha penjualan makanan khas Tana Toraja, dan dari usaha ini mulai muncul berbagai jenis makanan khas Tana Toraja. Sistem penjualan yang dilakukan oleh UMKM makanan khas Tana Toraja masih kurang optimal karena pelanggan diharuskan mendatangi toko dalam melakukan transaksi pembelian secara langsung. E-commerce memberikan manfaat bagi UKM, tetapi saat ini hanya sedikit UKM yang telah mengadopsi e-commerce. Oleh karena itu, perlu diketahui faktor-faktor yang mendorong UKM untuk mengadopsi e-commerce dalam meningkatkan kinerja usahanya. Selama ini, penelitian mengenai e-commerce hanya dilakukan pada bisnis yang berskala besar saja dan banyaknya di luar Indonesia. Sistem e-commerce ini menggunakan metode waterfall. Metode ini melakukan pendekatan secara sistematis dan terurut mulai dari level kebutuhan sistem menuju ke tahap analisis, desain, coding, testing atau verification, dan maintenance. Metode waterfall harus menunggu selesainya tahap sebelumnya dan berjalan berurutan.Dengan adanya sistem e-commerce dapat memberikan sarana pemesanan dan pengenalan makanan khas Tana Toraja secara online dan dapat dapat mengelola laporan penjualan secara periodik, sehingga dapat membantu para member dalam melakukan pemesanan produk yang diinginkan kapan pun dan di mana pun pelanggan berada

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-07

Issue

Section

Articles