Analisis Kluster untuk Mengelompokkan Performansi Mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan Ditinjau dari Bidang Akademik dan Non Akademik
Abstract
Pengelompokan performansi mahasiswa adalah strategi pengelompokan mahasiswa ditinjau dari bidang akademik maupun non akademik. Penurunan performansi mahasiswa adalah sebagai salah satu alat identifikasi awal kecenderungan mahasiswa undur diri atau drop out. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu manajemen untuk melakukan tindakan lebih dini sehingga dapat menekan penurunan performansi mahasiswa. Pengelompokan dilakukan dengan metode kluster k-means dimana performansi mahasiswa diukur baik di bidang akademik yaitu indeks prestasi kumulatif dan tingkat kehadiran bidang non akademik ya nilai aktifitas kemahasiswaan (TAK). Pengelompokan performansi mahasiswa akan dilakukan untuk mahasiswa di semester 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performansi mahasiswa dapat dikelompokkan menjadi 4 kelompok, dimana kelompok 1 menunjukkan performansi mahasiswa baik dengan tingkat akademik baik dengan rata-rata IPK 3.10, dengan tingkat kehadiran 91.36% dan memiliki TAK 50.99, kelompok 2 menunjukkan performansi mahasiswa sangat baik dengan rata-rata IPK 3.28, dengan tingkat kehadiran 93.78%, dan jumlah TAK 92.61, kelompok 3 menunjukan performanis mahasiswa rata-rata dengan rata-rata IPK 2.92, tingkat kehadiran 89.11 % dan TAK 19.20, kelompok 4 menunjukan performansi mahasiswa kurang baik dengan rata-rata IPK 2.39, tingkat kehadiran 23.12 % dengan TAK 3.27. Dari 512 mahasiswa hasil pengklusteran diperoleh 137 mahasiswa dalam kelompok baik, 57 mahasiswa kelompok sangat baik, 281 mahasiswa rata-rata dan 37 orang kelompok kurang baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kelompok 4 adalah kelompok yang harus mendapatkan perhatian lebih dikarenakan memiliki potensi mengundurkan diri atau tidak mencukupi masa studinya