APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK PENGELOLAAN INFAQ PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN

  • Tomy Trisnandi
  • Nelsi Wisna
  • Asniar .

Abstract

Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah merupakan lembaga pendidikan islam swasta yang dirintis oleh Yayasan Miftahul Jannah Baleendah dan secara resmi berdiri tanggal 17 Juli 1989. Sampai tahun pelajaran 2017-2018 pondok ini telah menampung santri kurang lebih 876 anak didik yang terdiri dari 492 santriwan dan 384 santriwati dengan 50 asatidzah dan pegawai. Selama ini kegiatan administrasi infaq yang terjadi di pesantren ini masih dilakukan secara manual baik dalam penangan jenis pembayaran, tunggakan pembayaran, dan mengontrol laporan pemasukan secara periode dan laporan per jenis pembayaran, karena proses yang masih manual misalnya laporan-laporan yang masih di dalam lembaran kertas terkadang sering hilang, pencatatan slip pembayaran juga masih manual, orang tua yang ingin melihat tagihan pembayaran harus datang langsung ke pesantren. Berdasarkan permasalahan yang ada maka dibuat sebuah aplikasi yang dapat membantu bagian keuangan dalam menangani perhitungan tagihan dari setiap jenis pembayaran yang ada, mengontrol laporan pemasukan secara periode dan laporan per jenis pembayaran. Dalam pengerjaan proyek akhir ini menggunakan pemodelan Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall. Aplikasi ini dibangun menggunakan tool web programming Hypertext Preprocessor (PHP) menggunakan Framework Codelgniter, untuk fitur untuk penyimpanan datanya menggunakan database mySQL. Aplikasi ini diharapkan dapat memfasilitasi kinerja bagian keuangan di pondok pesantren modern al-Ihsan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-12
How to Cite
TRISNANDI, Tomy; WISNA, Nelsi; ., Asniar. APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK PENGELOLAAN INFAQ PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN. JTIM - Jurnal Teknologi Informasi & Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 2, feb. 2020. ISSN 2622-2647. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jtim/article/view/2600>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.25124/jtim.v2i2.2600.