Pengaruh Orientasi Environmental Value dan Green Lifestyle Terhadap Perilaku Green Consumption Pada Remaja di Kota Bandung

  • Sri Widaningsih
  • Mutia Qana’a

Abstract

Remaja pada umumya memiliki akses yang luas terhadap informasi, termasuk informasi mengenai lingkungan dan dampak-dampak terhadap lingkungan. Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan produk produk yang ramah lingkungan, dapat didaur ulang serta isu-isu terkait lingkungan lainnya yang mengarahkan ketertarikan konsumen terhadap produk yang “lebih hijau” (Greener Product). Akibatnya, konsumen juga lebih memperhatikan perusahaan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan memberi penghargaan kepada mereka dengan sikap positif dan niat membeli terhadap produk mereka. Usaha konsumen untuk melindungi lingkungan selama pembelian, penggunaan, dan setelah pemakaian produk serta bagaimana meminimalisir efek negatif terhadap lingkungan disebut perilaku Green Consumption. Beberapa faktor terkait green consumption yaitu sikap dan nilai (beliefs), persepsi, serta tanggung jawab konsumen terhadap lingkungan. Hal ini disebut juga Consumers’ Environmental Value Orientation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi environmental value dan green lifestyle terhadap perilaku green consumption.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada remaja di Kota Bandung sebanyak 210 responden dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Alat uji analisis yang digunakan adalah dengan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-12
How to Cite
WIDANINGSIH, Sri; QANA’A, Mutia. Pengaruh Orientasi Environmental Value dan Green Lifestyle Terhadap Perilaku Green Consumption Pada Remaja di Kota Bandung. JTIM - Jurnal Teknologi Informasi & Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 2, feb. 2020. ISSN 2622-2647. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jtim/article/view/2601>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.25124/jtim.v2i2.2601.