Perbandingan ROI Metode Konsensus Proof of Work, Proof of Stake, dan Proof of Service (Masternode)

  • Alifa Khoirunnisa Harahap Prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Ilmu Terapan,Universitas Telkom
  • Ni Made Diah Sawitri Oktari Prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Ilmu Terapan,Universitas Telkom
  • Amalia Kartini Prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Ilmu Terapan,Universitas Telkom
  • Anak Agung Gde Agung Prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Ilmu Terapan,Universitas Telkom http://orcid.org/0000-0002-7593-5500
  • Raswyshnoe Boing K Prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Ilmu Terapan,Universitas Telkom

Abstract

Beroperasinya bitcoin sebagai cryptocurrency yang bersifat open source segera diikuti oleh berbagai cryptocurrency lainnya. Semua cryptocurrency beroperasi dengan basis blockchain. Untuk dapat beroperasi, blockchain membutuhkan node yang bertugas melakukan verifikasi transaksi. Node adalah komputer yang terhubung ke internet dan menjalankan aplikasi tertentu sesuai tugasnya. Keterlibatan node pada jaringan blockchain ini tidak terikat dan bebas. Setiap node dapat bergabung maupun keluar dari jaringan kapan saja. Tanpa node, blockchain tidak akan dapat berfungsi. Untuk itu setiap cryptocurrency menawarkan imbalan untuk menarik node bergabung dengan jaringannya. Tergantung dari metode konsensus yang dimilikinya, node dapat berkontribusi pada salah satu atau lebih metode yang menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keuntungan (ROI) tiga metode konsensus yang ada, yaitu proof-of-work, proof-of-stake dan proof-of service, melalui koin yang memiliki metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan dari tiga metode konsensus yang diuji, hanya satu yang menghasilkan ROI positif, yang berarti masih menguntungkan. Kontribusi yang tidak menguntungkan dapat mengancam komunitas cryptocurrency tersebut, sebab node akan cenderung bergabung pada cryptocurrency yang menguntungkan. Tanpa node, maka tidak ada yang melakukan proses verifikasi transaksi dan menjalankan blockchain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-12
How to Cite
HARAHAP, Alifa Khoirunnisa et al. Perbandingan ROI Metode Konsensus Proof of Work, Proof of Stake, dan Proof of Service (Masternode). JTIM - Jurnal Teknologi Informasi & Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 2, feb. 2020. ISSN 2622-2647. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jtim/article/view/2602>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.25124/jtim.v2i2.2602.