Autor Guideline

Ketentuan Artikel

  1. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia.
  2. Penulis submit artikel dalam bentuk softcopy dengan format Microsoft Word (doc/docx), format dua kolom (width 2.86", spacing 0.3") dan referensi catatan kaki satu kolom. Ukuran kertas A4, margin menggunakan mirrored, tipe huruf Cambria 11 poin (isi), justify text dan spasi 1.2 dengan special first line3”.
  3. Artikel dikirimkan melalui “Kalatanda Open Journal System (OJS)”. Selain itu hasil pemeriksaan plagiarisme dan pernyataan keaslian artikel wajib diunggah pada “Upload Additional Files”. Penulis harus menyatakan bahwa:
  4. Artikel asli, karya sendiri, dan bebas plagiarisme.
  5. Artikel tidak pernah di publikasikan dalam bahasa dan media apapun, baik cetak maupun elektronik. Jika diketahui adanya publikasi duplikat, maka penulis bersedia menghapus artikel tersebut dari Jurnal Kalatanda.
  6. Artikel tersebut saat ini tidak dalam pertimbangan dengan jurnal lainnya.
  7. Penulis bersedia untuk melakukan proses editorial sampai artikel siap dipublikasi. Jika penulis melanggar ketentuan tersebut maka penulis dilarang menulis pada Jurnal Kalatanda selama 1 tahun.
  8. Hasil cek plagiarisme dengan menggunakan software iThenticate ataupun Turnitin, diharapkan menunjukkan hasil kurang dari 20%. Jika tidak maka artikel akan ditolak.
  9. Penulis diwajibkan mengikuti tata aturan penulisan Jurnal Kalatanda sesuai pedoman untuk tiap artikel yang dikirimkan. Seluruh artikel yang dikirimkan akan melalui proses review oleh mitra bestari yang berasal dari kalangan akademis, praktisi dan asosiasi profesi dari berbagai daerah sesuai kompetensinya.
  10. Artikel ditulis dalam jumlah halaman genap 10-18 halaman, termasuk abstrak, konten, semua tabel dan gambar, serta referensi.

 

Ketentuan Sistematika Penulisan

  1. Abstrak

Abstrak terdiri dari 100-200 kata yang ditulis dalam 1 paragraf dengan menggunakan jenis huruf Cambria ukuran 10 dan ditulis dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Abstrak dalam penulisan bahasa Inggris ditulis miring. Abstrak mencakup pendahuluan, metode dan hasil yang dicapai, tanpa ada acuan pada daftar pustaka. Abstrak harus menggambarkan penelitian yang dilakukan secara ekplisit dengan kalimat yang lugas dan jelas.

  1. Isi Artikel

Artikel berisi mengenai kajian hasil penelitian di keilmuan Desain Komunikasi Visual, bidang Desain Grafis, Multimedia dan obyek yang berkaitan dengan seni budaya. Ditulis dengan cara essai; disajikan dalam beberapa bagian urut dari Pendahuluan, Kajian Teori, Metode Penelitian, Pembahasan/hasil, Kesimpulan serta Kepustakaan.

  1. Kepustakaan

Kepustakaan ditulis berurutan secara alphabetical mengikuti standar sistem Harvard (http://libweb.anglia.ac.uk/referencing/harvard.htm). Artikel sebaiknya merujuk pada kepustakaan terbaru atau dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Jika artikel tidak memenuhi ketentuan-ketentuan di atas maka artikel akan dikembalikan ke penulis untuk direvisi sebelum dilanjutkan ke proses peer review. Artikel yang sudah dipublikasikan pada Jurnal Kalatanda dapat diakses secara terbuka oleh publik.