GAYA VISUAL ETALASE RM. PADANG YANG MENJADI SYLE NAVIGATION DALAM BISNIS KULINER MASAKAN PADANG

  • Agustina Kusuma Dewi

Abstract

Gaya sebagai sebuah gagasan yang dituliskan dan kemudian diimplementasikan menjadi the constant form dan/atau terkadang the constant elements, setiap orang memiliki konsepnya sendiri untuk kemudian mengadopsi atau mengadaptasi sebuah gaya sebagai gaya yang paling memanifestasikan dan mengaktualisasikan dirinya. Terkait hal ini, ada relevansi pengaplikasian gaya dalam hidup seseorang dengan kesadaran atau consciousness dengan ketidaksadaran atau unconsciousness yang dimilikinya. Tak jarang, bawah sadar seseorang yang menggerakkannya untuk menunjukkan kecenderungan gaya tertentu dalam perilakunya sehari-hari. Sebagai sebuah gagasan yang memiliki integritas di dalamnya; integritas berarti gaya menyimpan aturan dan sistemik dan/atau bentuk-bentuk yang teratur dengan capaian tertentu, gaya tidaklah bersifat permanen. Setiap orang dapat mengadaptasikan gaya yang paling mendefinisikan dirinya, meski setiap orang, seperti yang telah di bahas pada bagian sebelumnya, akan memiliki kecenderungan gaya yang paling menjadi ‘karakter dasar’ dirinya. Sebagai the constant form, gaya bukan sesuatu yang ‘serta-merta’, namun ada kesadaran yang membentuknya menjadi sebuah ‘mekanisme’, ‘keteraturan’, ‘punya daya adaptasi’ terhadap lingkungan sosial. Menggunakan metode Kolb dalam Kerangka Berpikir Experiential Learning, penelitian ini menggunakan pendekatan Reflective Observation untuk mengidentifikasi gaya dan fungsinya sebagai sebuah konsep untuk dapat memahami masyarakat dan identitas kultural; yang lebih jauhnya, gaya diposisikan sebagai style navigations, sebuah cultural guide.


Kata kunci: navigasi budaya, identitas kultural, gaya hidup, reflection observatio

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-06
How to Cite
DEWI, Agustina Kusuma. GAYA VISUAL ETALASE RM. PADANG YANG MENJADI SYLE NAVIGATION DALAM BISNIS KULINER MASAKAN PADANG. Kalatanda : Jurnal Desain Grafis dan Media Kreatif, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 45 - 50, apr. 2021. ISSN 2527-9076. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/kalatanda/article/view/4111>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.25124/kalatanda.v2i1.4111.
Section
Articles