STUDI EFEKTIVITAS PROMOSI DESA WISATA SAUNG CIBURIAL GARUT

person Iman Sumargono
person Muhammad Hidayatulloh
person I Dewa Alit Dwija Putra
alternate_email

Saung Ciburial merupakan ikon dari kegiatan desa wisata yang dikembangkan di Desa Sukalaksana Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Pada dasarnya kegiatan desa wisata ini merupakan sebuah kegiatan pariwisata yang melibatkan berbagai aset serta potensi desa yang berupa kekayaan panorama alam, sosial budaya, ekonomi, dan karakteristik masyarakatnya. Perpaduan yang terintegrasi dengan baik sebagai kekuatan yang saling menunjang. Adapun permasalahan yang kemudian muncul di kawasan tersebut adalah keterbatasan pengetahuan media promosi dan strategi visual periklanannya. Hal ini penting mengingat kawasan sebagai lokasi wisata minat khusus ini telah memiliki kegiatan baik, seperti Festival Saung Budaya Ciburial. Sehingga diperlukan studi yang membahas mengenai efisiensi media yang pernah digunakan. Penelitian yang dilakukan menggunakan kekuatan observasi langsung ke lokasi, wawancara, dan pengunaan literatur yang relevan dengan objek penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan merupakan rekomendasi yang dapat bermanfaat bagi pengelola wisata Saung Ciburial dan pemerintah daerah untuk menentukan strategi visual dan strategi media dengan harapan mendapatkan masukan positif terhadap kunjungan wisatawan.


Kata kunci: Promosi Desa Wisata, Saung Ciburial, Strategi Komunikasi Visual.

format_quote
Citation
file_copyCopy
SUMARGONO, Iman; HIDAYATULLOH, Muhammad; DWIJA PUTRA, I Dewa Alit. STUDI EFEKTIVITAS PROMOSI DESA WISATA SAUNG CIBURIAL GARUT. KALATANDA : Jurnal Desain dan Media Kreatif, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 51 - 62, dec. 2022. ISSN 2527-9076. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/kalatanda/article/view/5612>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/kalatanda.v2i2.5612.