ANALISIS TAGLINE DAN VISUAL PADA IKLAN PRODUK OBAT BATUK

Authors

  • Sri Nurbani
  • Yelly A. Barlian
  • Syarip Hidayat

DOI:

https://doi.org/10.25124/kalatanda.v2i2.6132

Abstract

Masyarakat awam seringkali kurang memiliki pengetahuan memadai tentang zat yang terkadung didalam obat-obatan, sehingga kerap ditemui kesalahan penggunaan. Pemerintah selaku pemegang regulasi semestinya memberikan perhatian khusus terhadap iklan obatobatan guna meminimalisir kesalahan pemahaman terhadap dampak obat. Fenomena tersebut menjadi landasan untuk melakukan kajian verbal dan visual terhadap iklan obat. Penelitian ini akan mengkaji makna semantik pada tagline iklan obat dan makna visual yang digunakan oleh pembuat iklan sebagai salah satu strategi kreatifnya. Penelitian bersifat kualitatif sehingga diharapkan menambah pemahaman saat membuat strategi kreatif pada iklan obat batuk agar penyampaian pesan lebih tepat. Kajian awal menunjukan bahwa makna yang paling banyak digunakan adalah jenis makna leksikal, sementara visual yang digunakan oleh pengiklan dari segi warna menggunakan warna-warna cerah, dan jenis huruf yang digunakan adalah jenis sans serif. Hasil penelitian bisa dijadikan referensi bagi para pembuat iklan dalam menyusun strategi kreatif dari segi teknik bahasa verbal dan visual.

Kata kunci: Iklan Obat, Semantik, Elemen visual, Strategi kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-23

Issue

Section

Articles