Perancangan Ulang Program Studi Teknik Tekstil di Politeknik STTT Bandung dengan Pendekatan Perilaku Generasi Z

person Nadita Hidanasya Ayusari
person Mahendra Nur Hadiansyah (Universitas Telkom)
person Widyanesti Liritantri

Generasi Z muncul di tengah kemajuan dunia teknologi yang perlu di terapkan di Pendidikan, maka perilaku Generasi Z dalam kehidupan sehari hari tidak luput dari teknologi. Mahasiswa yang terdapat di zaman saat ini merupakan mahasiswa Generasi Z, yaitu mahasiswa yang terlahir antara tahun 1995-2010. Politeknik STTT Bandung merupakan salah satu sekolah tinggi yang memiliki mahasiswa dengan mayoritas berasal dari Generasi Z. Politeknik perlu untuk memperhatikan kesesuaian antara perilaku Generasi Z dengan interior bangunan yang tersedia. Berdasarkan desain yang akan dirancang, maka penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menciptakan Prodi Teknik Tekstil Politeknik STTT Bandung yang sesuai kebutuhan kebutuhan idealitas civitas, konsep, review literatur serta kriteria perancangan, sehingga diharapkan mendapatkan kualitas pembelajaran yang maksimal. Permasalahan organisasi ruang, persyaratan umum ruang, dan konsep visual dapat diselesaikan dengan proses implementasi terhadap perancangan Prodi Teknik Tekstil Politeknik STTT Bandung yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku serta perilaku Generasi Z. Ketersediaan fasilitas dan suasana ruang dapat mempengaruhi kenyamanan, keamanan, dan kemudahan/kepraktisan civitas akademik ketika melakukan aktivitas di dalam Prodi Teknik Tesktil Politeknik STTT Bandung.

format_quote
Citation
file_copyCopy
AYUSARI, Nadita Hidanasya; HADIANSYAH, Mahendra Nur; LIRITANTRI, Widyanesti. Perancangan Ulang Program Studi Teknik Tekstil di Politeknik STTT Bandung dengan Pendekatan Perilaku Generasi Z. KALATANDA : Jurnal Desain dan Media Kreatif, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 15-19, jan. 2024. ISSN 2527-9076. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/kalatanda/article/view/6655>. Date accessed: 15 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/kalatanda.v5i1.6655.