Perancangan Redesain Hotel Sensa Bandung Menggunakan Pendekatan Metafora
DOI:
https://doi.org/10.25124/kalatanda.v5i2.6664Keywords:
Kesinambungan, Metafora, BrandingAbstract
Hotel Sensa Bandung terletak di kawasan Cihampelas Walk (Ciwalk), yang mana kawasan imi termasuk kedalam kawasan pusat perbelanjaan yang sudah terkenal di kota Bandung. Hotel sensa resmi beroperasi sebagai penyedia akomodasi pada tahun 2009. Berdasarkan hasil survei dan observasi secara langsung pada objek perancangan, terdapat permasalahan yang berkaitan dengan identitas hotel, yang ingin disampaikan melalui ruang interior dan memiliki makna ruang “fluid" terinspirasi dari bentuk kupu-kupu. Namun para tamu hotel hanya mengingat hotel sensa dikenal sebagai hotel yang dengan konektivitas secara langsung dengan pusat perbelanjaan bukan dari segi keindahan ruang interior yang telah menjadi identitas utama hotel sensa ruang “fluid" terinspirasi dari bentuk kupu-kupu”. Oleh karena itu dengan mengubah dan memasukan kembali bentuk metafora kupu-kupu ke setiap elemen ruang interior, yang mana sudah menjadi identitas utama hotel sensa. Sehingga tamu hotel lebih dapat mengingat bahwa hotel sensa ini adalah satu-satunya hotel dengan ruang interior “fluid” yang terinspirasi oleh bentuk metafora kupu-kupu.