Pembangunan Recommender System Menggunakan Content Based Filtering pada Aplikasi Service Desk
Studi Kasus Direktorat Pusat Teknologi Informasi Universitas Telkom
DOI:
https://doi.org/10.25124/logic.v1i1.6427Keywords:
SLA, recommender system, content based filtering, user testingAbstract
Bagian Riset dan Layanan Teknologi Informasi (RiYanTI) adalah salah satu bagian dari Direktorat Pusat Teknologi Informasi (PuTI) yang bertanggungjawab dalam manajemen kualitas teknologi, manajemen konten, dan layanan pengguna yang menerima keluhan serta pengaduan terhadap kendala infrastruktur teknologi yang dialami sivitas univesitas Telkom. Banyaknya layanan yang diberikan oleh PuTI menyebabkan RiYanTI menerima banyak keluhan (tiket insiden) dan permintaan, hal ini menyebabkan antrian penanggulangan keluhan dan permintaan (tiket) menjadi panjang. Dampak dari panjangnya yang terjadi yaitu tidak terpenuhinya capaian mutu atau SLA (Service Level Agreement) hal ini menyebabkan adanya temuan ketika dilakukan audit ISO 20000-1 yangmenjadi standar atau pedoman sistem manajemen layanan IT yang ada di PuTI. Oleh itu solusi yang diberikan adalan membangun suatu recommender system yang dapat memberikan rekomendasi solusi penyelesaian permasalahan berdasarkan data tiket yang telah selesai. Metode filtering yang digunakan adalah Content Based filtering dan proses evaluasi dilakukan dengan menghitung precision, recall, dan F1-Score untuk mengamati akurasi pada hasil rekomendasi filtering serta melakukan pengujian User (User Judgment) untuk melihat apakah sistem yang dibangun telah sesuai dan mampu memberikan solusi kepada pengguna.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.