Penjaminan mutu perangkat lunak pada project Aplikasi Manajemen Informasi Fakultas Industri Kreatif(MI-FIK) di Universitas Telkom Berdasarkan ISO 25010

person Alya Ghaitsa Rizky Pertiwi
person Mira Kania Sabariah
person Monterico Adrian

Banyak orang yang mengalami masalah saat menggunakan aplikasi. Untuk itu perlu dilakukan penjaminan mutu perangkat lunak sebelum aplikasi go live. Berdasarkan penelitian yang dilakukan sebelumnya, terdapat masalah- masalah dalam penyebaran informasi di lingkungan civitas FIK Telkom University, sehingga adanya urgensi aplikasi MI-FIK untuk segera rilis. Namun, sebelum aplikasi tersebut go live dan digunakan oleh real user perlu dilakukan penjaminan mutu perangkat lunak terlebih dahulu. Penjaminan mutu akan dilakukan dengan cara mengukur hasil product menggunakan standar ISO 25010. Berdasarkan hasil elisitasi requirement yang telah dilakukan diprioritaskan pada lima aspek dalam penelitian ini yaitu aspek functional suitability, performance efficiency, usability, reliability, dan security. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana kesiapan aplikasi MI-FIK untuk rilis. Hasil yang didapat dari pengujian aspek Functional Suitability mendapatkan nilai 95.7%, kemudian untuk aspek Performance Efficiency mendapat nilai 95%, dan untuk Aspek Usability mendapatkan nilai 83.4%, Reliability mendapatkan nilai 84.5% , dan Security berdasarkan hasil pengujian dengan real user mendapatkan nilai 84.1%. Dari nilai berikut dapat disimpulkan aplikasi MI-FIK telah memiliki nilai yang sangat layak untuk rilis.

format_quote
Citation
file_copyCopy
PERTIWI, Alya Ghaitsa Rizky; SABARIAH, Mira Kania; ADRIAN, Monterico. Penjaminan mutu perangkat lunak pada project Aplikasi Manajemen Informasi Fakultas Industri Kreatif(MI-FIK) di Universitas Telkom Berdasarkan ISO 25010. LOGIC: Jurnal Penelitian Informatika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 32-39, june 2024. ISSN 3026-4987. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/logic/article/view/7420>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.25124/logic.v2i1.7420.