Evaluasi dan Perancangan Ulang Antarmuka Pengguna Menggunakan Metode Usability Heuristic (Studi Kasus: Climatebase Job Board)

person Dicky Indrayan Septiandi
person Rosa Reska Riskiana
person Aristyo Hadikusuma

Climatebase merupakan salah satu website penyedia lowongan pekerjaan yang tersebar di seluruh dunia.Banyaknya interaksi pengguna setiap harinya pada website tersebut membuat website Climatebase harusmemberikan interaksi dan usability yang baik dalam hal user interface kepada penggunanya. Berdasarkanobservasi dan wawancara yang dilakukan dengan pihak Climatebase hasilnya pihak climatebasememberikan rekomendasi evaluasi pada fitur job board berdasarkan evaluasi dari user dan pihakclimatebase. Berdasarkan hasil evaluasi usability tahap awal pada fitur Job Board website Climatebase,didapatkan nilai severity ratings 1,13 dengan tiga aspek usability yang bermasalah yaitu Consistency andStandard , Help Users Recognize, Diagnose and Recover from dan Help and Documentation. Hasil evaluasiusability pada tiga aspek mendapat nilai Severity Ratings pada range 1,67 hingga 2 termasuk dalam minnorproblem perbaikan dalam prioritas rendah oleh karenanya fokus pada penelitian ini adalah Improvementdesain. Dilakukan evaluasi dengan menggunakan metode heuristic evaluation dan perancangan ulangantarmuka pengguna menggunakan prinsip Human Centered Desain. Hasil perancangan ulang padawebsite Climatebase mendapatkan nilai severity ratings 0,84 termasuk kategori Cosmetic problem, tidakperlu diperbaiki kecuali terdapat waktu tambahan.

format_quote
Citation
file_copyCopy
SEPTIANDI, Dicky Indrayan; RISKIANA, Rosa Reska; HADIKUSUMA, Aristyo. Evaluasi dan Perancangan Ulang Antarmuka Pengguna Menggunakan Metode Usability Heuristic (Studi Kasus: Climatebase Job Board). LOGIC: Jurnal Penelitian Informatika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 6-11, juni 2024. ISSN 3026-4987. Tersedia pada: <//journals.telkomuniversity.ac.id/logic/article/view/7434>. Tanggal Akses: 03 juli 2024 doi: https://doi.org/10.25124/logic.v2i1.7434.