Penerapan Arsitektur REST API pada Aplikasi Backend Manajemen Informasi Fakultas Industri Kreatif (MI- FIK) Universitas Telkom

person Rafly Farhandika
person Mira Kania Sabariah
person Monterico Adrian

MI-FIK merupakan proyek lanjutan dari perancangan purwarupa perangkat lunak pengelolaan informasi Fakultas Industri Kreatif. MI-FIK merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk mempermudah dosen, staff, dan mahasiswa Fakultas Industri Kreatif untuk memperoleh informasi di lingkungan Fakultas Industri Kreatif. Perangkat lunak MI-FIK merupakan perangkat lunak yang berbasis mobile application yang pada pengembangannya dibagi menjadi 2 sisi, yaitu pengembangan dari sisi mobile application dan web server. Selaras dengan pengembangannya, terdapat permasalahan yang muncul yaitu, perangkat lunak MI-FIK membuatuhkan teknologi yang mampu menghubungkan antara sisi mobile application dan web server. Dalam pengembangannya, penggunaan teknologi REST API merupakan jawaban atas permasalahan yang terjadi, yang dapat menghubungkan sisi mobile application dan web server. Tidak sampai disitu saja, masalah lain muncul yaitu, dibutuhkan metode untuk menguji REST API, agar fungsionalitas perangkat lunak dapat sesuai dengan requirement yang telah disepakati. Penggunaan metode black box testing merupakan solusi atas permasalahan untuk menguji REST API guna memastikan output dari setiap API yang ada sesuai dengan fungsionalitas dari perangkat lunak MI-FIK. Hasil dari pengujian yang dilakukan menggunakan metode black box dapat disimpulkan telah berhasil dan data yang ditampilkan sesuai dengan harapan berdasarkan dengan kasus uji yang telah dilakukan.

format_quote
Citation
file_copyCopy
FARHANDIKA, Rafly; SABARIAH, Mira Kania; ADRIAN, Monterico. Penerapan Arsitektur REST API pada Aplikasi Backend Manajemen Informasi Fakultas Industri Kreatif (MI- FIK) Universitas Telkom. LOGIC: Jurnal Penelitian Informatika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 40–51, june 2024. ISSN 3026-4987. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/logic/article/view/7530>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.25124/logic.v2i1.7530.