PERANCANGAN DAN ANALISIS SISTEM SMART LIGHTING BERBASIS WIRELESS SENSOR NETWORK UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN AKTIVITAS DI DALAM RUMAH

  • Fidelis Surya Putranta
  • Rendy Munadi
  • Yoseph Gustommy Bisono

Abstract

Dewasa ini, smart lighting menjadi sebuah teknologi yang layak digunakan untuk menunjang produktivitas. Smart lighting sendiri menggunakan lampu LED yang dipadukan dengan sensor. Sensor merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia. Dalam penelitian ini digunakan sensor LDR sebagai pendeteksi tingkat intensitas cahaya di dalam ruangan. Sensor tersebut mendeteksi keadaan cahaya di ruangan dan menyesuaikan dengan tingkat intensitas cahaya yang direkomendasikan, kemudian dilakukan pengiriman informasi ke lampu LED untuk menyala dengan menggunakan sebuah mikrokontroler (Arduino). Pada sistem ini, sensor terhubung dengan jaringan dalam sebuah Wireless Sensor Network. Data dari sensor node dikirimkan ke coordinator node secara nirkabel menggunakan XBee kemudian dikirimkan ke server untuk diolah dan dipantau. Informasi server dapat diakses, dipantau dan dikendalikan menggunakan perangkat mobile maupun komputer dengan akses jaringan internet. Dari hasil pengujian terhadap XBee, semakin jauh jarak sensor node dengan coordinator node maka delay akan semakin besar. Sementara throughput akan semakin kecil, begitu pula sebaliknya. Pada pengujian server, delay pada proses monitoring lebih kecil daripada delay pada proses controlling. Sedangkan throughput monitoring lebih besar daripada throughput controlling. Sistem memiliki reliability sebesar 95,17% dan availability sebesar 95,4%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-20
How to Cite
PUTRANTA, Fidelis Surya; MUNADI, Rendy; BISONO, Yoseph Gustommy. PERANCANGAN DAN ANALISIS SISTEM SMART LIGHTING BERBASIS WIRELESS SENSOR NETWORK UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN AKTIVITAS DI DALAM RUMAH. TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika, [S.l.], v. 2, n. 1, dec. 2018. ISSN 2502-2105. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/1659>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/tektrika.v2i1.1659.
Section
Survey Articles