PENGARUH BENTUK GEOMETRI PEMASANGAN LAMPU LED TERHADAP AKURASI INDOOR PSITIONING LI-FI MENGGUNAKAN TEKNIK RECEIVE SIGNAL STRENGTH (RSS)

  • Jaka Satria Prayuda
  • Denny Darlis
  • Akhmad Hambali

Abstract

Informasi untuk mengetahui lokasi benda atau seseorang merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Selama ini, teknologi Global Positioning System (GPS) dapat diandalkan ketika berada di luar ruangan. Namun, ketika di dalam ruangan, GPS akan sulit menjangkau secara spesifik area bangunan. Dengan memanfaatkan teknologi Light Fidelity (Li-Fi), Indoor Positioning System (IPS) akan lebih mudah dilakukan dan mempunyai keunggulan dari segi akurasi dan efisiensi energi. Tetapi, jika dikaitkan dengan IPS, pemasangan lampu Light Emitting Diode (LED) perlu diperhatikan geometri pemasangannya. Penelitian ini membahas akurasi IPS pada Li-Fi apabila dengan berbagai bentuk geometri dan lokasi pemasangan lampu LED yang berbeda-beda. Teknik positioning Received Signal Strength (RSS) digunakan dengan mengambil kuat daya terima sebagai estimasi suatu jarak. Dengan membandingkan masing-masing bentuk geometri, maka didapatkan data konfigurasi terbaik untuk implementasi IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan jumlah lampu LED dan bentuk geometri akan berpengaruh terhadap akurasi positioning. Hasil menunjukkan bahwa geometri segi enam memiliki rata-rata error yang lebih kecil dibandingkan geometri yang lain, yakni sebesar 1,53×10?05m. Semakin banyak lampu LED atau poin referensi dengan rentang jarak lampu yang lebih rapat, maka dapat menghasilkan positioning yang lebih baik.


Kata Kunci: Light Fidelity (Li-Fi), Indoor Positioning System (IPS), Received Signal Strength (RSS), Geometri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-19
How to Cite
PRAYUDA, Jaka Satria; DARLIS, Denny; HAMBALI, Akhmad. PENGARUH BENTUK GEOMETRI PEMASANGAN LAMPU LED TERHADAP AKURASI INDOOR PSITIONING LI-FI MENGGUNAKAN TEKNIK RECEIVE SIGNAL STRENGTH (RSS). TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 54 - 60, july 2021. ISSN 2502-2105. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/3993>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.25124/tektrika.v5i2.3993.