MODEL PENGENDALIAN SWITCHING AND MONITORING MENGGUNAKAN PENDEKATAN EMBEDDED-HTML SYSTEM (STUDI KASUS PADA KUMBUNG BUDIDAYA JAMUR TIRAM)

  • Eddy Nurraharjo Universitas Stikubank Semarang
  • Zuly Budiarso
  • Dewi Handayani U. N

Abstract

Fokus pada model sebuah sistem kendali kekinian, pemanfaatan teknologi Internet of Things berbasis mikrokontroler telah diterapkan dan difungsikan pada sebuah sistem pengendalian jarak jauh. Kolaborasi bersama HTML (embedded-HTML) yang dilekatkan pada struktur program berbasis bahasa C, pada antarmuka IDE Arduino, menjadi fitur pembaharuan dalam pemodelan kendali cerdas ini. Penelitian ini ditujukan untuk membuat model sistem kendali dasar jarak jauh yang memiliki desain tiga tombol pengendalian, yang masingmasing digunakan untuk 1) fungsi pengendalian beban LED, 2) fungsi pengendalian akses data sensor dan 3) pengendalian serempak kedua fungsi. Sistem pengendalian berfungsi baik dan berhasil diuji dan diakses melalui sebuah alamat IP dinamis, secara wireless dan peer to peer melalui WiFi, dengan tampilan situs tanpa perlu terhubung data internet. Pengujian visualisasi luaran sistem dilakukan dengan beban 3 buah LED dan masukan sistem diperoleh dari hasil pendeteksian variabel suhu dan kelembaban sensor DHT21. Hasil pengujian sistem menunjukkan keberhasilan 100% dalam proses switching dan monitoring menggunakan pendekatan embedded-HTML. Kecepatan transfer data bergantung pada kecepatan receive dan transmit data pada jaringan Wifi yang tersedia. Akhirnya penulis berkesimpulan bahwa sistem pengendalian berbasis WeMOS ini layak dan mampu dimanfaatkan untuk fungsi pengendalian berbasis web.


Kata Kunci: HTML, WeMOS, mikrokontroler, wireless, switching

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-30
How to Cite
NURRAHARJO, Eddy; BUDIARSO, Zuly; HANDAYANI U. N, Dewi. MODEL PENGENDALIAN SWITCHING AND MONITORING MENGGUNAKAN PENDEKATAN EMBEDDED-HTML SYSTEM (STUDI KASUS PADA KUMBUNG BUDIDAYA JAMUR TIRAM). TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 22 - 27, dec. 2022. ISSN 2502-2105. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/4358>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/tektrika.v7i1.4358.
Section
Survey Articles