Desain Perbaikan Proses Customs Clearance Menggunakan Value Stream Mapping, Critical Path Method dan Benchmarking

  • iqbal Firmansyah Institut Transportasi dan Logistik Trisakti
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.25124/businessjournal.v8i1.4914

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metodologi untuk menerapkan prinsip-prinsip manufaktur bersandar di industri Jasa Courier Express. Bea Cukai adalah proses utama dalam industri kurir Ekspres dan tujuan di sini adalah untuk menerapkan prinsip-prinsip yang ramping untuk menghilangkan proses yang tidak memiliki nilai tambah dan parameter yang umum antara proses dan optimalisasi sumber daya manusia atau alokasi pekerja. Value Stream Mapping (VSM) digunakan untuk mengidentifikasi berbagai waste yang ada pada kondisi saat ini dan Critical Path Method (CPM) mengidentifikasi jalur kritis pada proses yang berlangsung saat ini. Model simulasi Current Value Stream Mapping dan Future State Mapping dikembangkan dengan menggunakan prinsip-prinsip lean dalam model simulasi. Desain proses perbaikan penjadwalan dilakukan dengan menganalisa jalur kritis proses Customs Clearance, dengan analisa jalur kritis kita dapat menentukan proses yang paling prioritas dan paling berpengaruh terhadap perbaikan menyeluruh.  Perpaduan metode Value stream mapping dan Cricital Path Method  didukung dengan metode benchmarking untuk mencari best practice yang telah dilakukan pada industri tersebut dan melakukan simulasi perbaikan sehingga diperoleh future state map  dengan dengan jalur kritis baru yang lebih cepat yaitu percepatan waktu total proses customs clearance dari 936 menit sebelum diakukan perbaikan menjadi 389.6 menit setelah dilakukan perbaikan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-06-16
##submission.howToCite##
FIRMANSYAH, iqbal. Desain Perbaikan Proses Customs Clearance Menggunakan Value Stream Mapping, Critical Path Method dan Benchmarking. Business Journal : Jurnal Bisnis Dan Sosial, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 25 - 34, juni 2022. ISSN 2620-3634. Tersedia pada: <//journals.telkomuniversity.ac.id/business/article/view/4914>. Tanggal Akses: 17 mei 2024 doi: https://doi.org/10.25124/businessjournal.v8i1.4914.
Bagian
Articles