Penerapan Digital Marketing dan Personal Finance Sebagai Pengembangan Usaha Jus Honje di Desa/Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran

  • Keni Kaniawati
  • Rully Indrawan
  • Andhi Sukma

Abstract

Digital marketing merupakan penggunaan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi pemasaran tradisional. Digital marketing mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Personal finance adalah seni dan ilmu mengelola dana keuangan dari unit individual / rumah tangga yang berfungsi mengelola keuangan pribadi. Permasalahan pada kedua mitra yaitu: pertama, Pemasaran jus honje yang masih bersifat tradisional, terbatas dan masih menggunakan metode pemasaran dari mulut ke mulut atau tradisional, dan hanya didistribusikan oleh Koperasi Serba Usaha (KSU) Kuntum Mekar Desa Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran.Akses perjalanan dari lokasi mitra sangat sulit dijangkau. Kedua, Para pelaku usaha Jus Honje belum menggunakan pencatatan dan pengelolaan keuangan yang baik.Kedua permasalahan diatas menyebabkan tidak berkembangnya pelaku usaha HONJEKU. Metode pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di atas yaitu dengan metode pelatihan, pembimbingan, dan monitoring. Solusi permasalahan kedua mitra adalah dengan cara melakukan beberapa kegiatan yakni Pelatihan Digital Marketing bagi Usaha Mikro; Pelatihan Personal Finance bagi Usaha Mikro dan Pembimbingan dan monitoring penerapan digital marketing dan Pelaksanaan Personal Finance. Keterlibatan ahli dalam bidangnya diperlukan dalam kegiatan dengan harapan dapat memberikan wawasan, pengetahuan dan kemampuan menerapkan digital marketing dan personal finance sehingga wirausaha dapat bersaing dan mengembangkan usaha jus honje.

Published
2018-10-24
How to Cite
KANIAWATI, Keni; INDRAWAN, Rully; SUKMA, Andhi. Penerapan Digital Marketing dan Personal Finance Sebagai Pengembangan Usaha Jus Honje di Desa/Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran. Charity, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 30-39, oct. 2018. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/1576>. Date accessed: 25 mar. 2019.