Penyusunan Kalender Masa Tanam Untuk Optimasi Produk Sayuran Organik Dalam Mendukung Program Diversifikasi Olahan Pangan B2SA Kelompok Wanita Tani Kreatif Permata

  • Sri Suryani Prasetiyowati Universitas Telkom

Abstract

Seiring dengan berkurangnya lahan terbuka di desa Lengkong karena program pengembangan kawasan perumahan, maka program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang telah dicanangkan oleh pemerintah menjadi sulit untuk diimplementasikan. Sehingga dengan program pemberdayaan wanita di desa lengkong dan optimalisasi lahan terbuka dan lahan pekarangan yng ada, terbentuklah Kelompok Wanita Tani Kreatif Permata di desa Lengkong  Setelah berjalan 10 bulan, KWT Kreatif mulai dapat  meningkatkan produksinya, dan mulai dapat memenuhi warga masyarakat sekitar dalam bentuk konsumsi sayur dan ikan, selain mentah juga diolah menjadi beragam produk makanan inovatif. Olahan pangan tersebut diharapkan dapat  memperhatikan aspek Bergizi, Berimbang, Sehat dan Aman (B2SA). Salah satu hal mendasar selain untuk ketahanan pangan, perlu adanya olahan pangan di KWT Kreatif adalah produksi sayuran yang berlebih, dan kadang-kadang proporsinya belum seimbang. Tetapi saat ini, program tersebut belum dijalankan oleh KWT Kreatif, karena keterbatasan pengetahuan, peralatan dan pendanaan untuk menuju olahan pangan berbasis B2SA. Oleh karena itu perlu suatu metode untuk optimasi volume produksi sayurannya melalui penyusunan kalender masa tanam sayuran organik KWT Kreatif Permata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-05
How to Cite
PRASETIYOWATI, Sri Suryani. Penyusunan Kalender Masa Tanam Untuk Optimasi Produk Sayuran Organik Dalam Mendukung Program Diversifikasi Olahan Pangan B2SA Kelompok Wanita Tani Kreatif Permata. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, sep. 2019. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/2041>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v3i1.2041.