PELATIHAN SOFTWARE FLUIDSIM UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN TEKNOLOGI OTOMASI DAN IMPLEMENTASINYA PADA UNIVERSAL ROBOT BAGI GURU SMKN 2 TASIKMALAYA

Included in Vol 3 No 1 (2023): Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar

Publication

DOI https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7079
Published 22 January 2024

Abstract

Industri manufaktur saat ini telah banyak memanfaatkan Internet of Things dalam membantu proses produksi terutama dalam teknologi otomasi. Penggunaan teknologi otomasi dapat meningkatkan produktivitas, menurunkan biaya tenaga kerja, meningkatkan level keselamatan kerja dan lainnya. Salah satu komponen utama dalam otomasi adalah pemanfaatan teknologi pneumatik. Pembelajaran pneumatik di SMKN 2 Tasikmalaya saat ini sudah menggunakan peralatan yang memadai tetapi jumlahnya hanya satu set saja, sementara jumlah siswanya sekitar 120 orang. Maka salah satu solusinya adalah dengan menggunakan software simulasi Fluid Sim, Dimana semua siswa dapat mempelajari teknologi pneumatic tanpa harus menggunakan peralatan secara fisik. Pengabdian pada Masyarakat yang dilaksanakan berupa Pelatihan Software Fluidsim untuk Menunjang Pembelajaran Teknologi Otomasi dan Implementasinya pada Universal Robot bagi Guru dan siswa SMKN 2 Tasikmalaya. Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 2 Juli 2023 sangat membantu bagi pemahaman dan peningkatan keterampilan bagi guru dan siswa tentang teknologi pneumatik. Sebagai contoh aplikasi di industry, pada pelatihan ini juga disajikan demo penggunaan Universal Robot yang secara simultan bekerja dengan peralatan pneumatic pada perakitan suatu produk pada lintasan produksi. Secara keseluruhan, berdasarkan 5 aspek yang dievaluasi 54% menyatakan sangat setuju mengenai pelaksanaan pengmas ini bermanfaat dan 46% menyatakan setuju dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan sesuai dengan tujuan diadakanya kegiatan pengabdian masyarakat, sangat diterima dan bermanfaat untuk guru dan siswa SMKN 2 Tasikmalaya. Mereka mengharapkan dapat dilakukan praktek secara langsung dengan alat yang ada supaya lebih bisa mencoba berbagai skenario kasus dengan lebih leluasa.

How to Cite

file_copyCopy
RACHMAT, Haris et al. PELATIHAN SOFTWARE FLUIDSIM UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN TEKNOLOGI OTOMASI DAN IMPLEMENTASINYA PADA UNIVERSAL ROBOT BAGI GURU SMKN 2 TASIKMALAYA. The Proceeding of Community Service and Engagement (COSECANT) Seminar, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 271-273, jan. 2024. ISSN 2986-2892. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/cosecant/article/view/7079>. Date accessed: 10 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7079.