PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI WORKSHOP PLAY-BASED LEARNING DAN PERANCANGAN PRODUK KRIYA KREATIF UNTUK MENDUKUNG RENCANA PENGEMBANGAN UNIT USAHA SEKOLAH

Included in Vol 3 No 1 (2023): Prosiding COSECANT : Community Service and Engagement Seminar

Publication

DOI https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7091
Published 22 January 2024

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Pendidikan anak usia dini yang dimulai dari usia 0-6 tahun, merupakan fase Pendidikan yang paling penting sebagai dasar untuk fase Pendikan selanjutnya. Salah satu aspek penting dalam Pendidikan usia dini adalah berkembangnya kemampuan motorik halus yaitu perkembangan gerak yang meliputi otot kecil dengan koordinasi mata-tangan, yang umumnya terjadi lebih lamban dari perkembangan motorik kasar. Pentingnya melatih kemampuan motorik halus sangat disadari oleh TK Islam Cendekia Gemilang. Namun, para staff guru pengajar membutuhkan varian kegiatan baru untuk melatih kemampuan motorik halus selain kegiatan menggambar. Melalui pendampingan ini, tim pengabdian masyarakat Telkom University akan melakukan workshop wet on wet painting dengan metode play-based leraning yang sesuai dengan tahapan usia dini. Kegiatan ini akan menerapkan lima area permainan yaitu Creative Play, Dramatic Play, Exploratory Play, Manipulative Play, dan Sensory Play. Hasil dari pendampingan ini berupa gambar yang kemudian akan dicetak pada transfer paper dan dicetak ke atas produk kaos, yang rencananya akan digunakan saat kegiatan perpisahan siswa/I. Dengan diterapkannya gambar masing-masing siswa/I pada kaos tersebut, diharapkan dapat membuat rasa kepemilikan yang tinggi sehingga para siswa/I dapat menjaga produknya dengan baik. Gambar anak yang khas juga dapat menjadi pemanis produk tersebut. Selain itu, kemudahan dan keterampilan mengaplikasikan transfer paper diharapkan dapat dikuasi oleh para staff guru pengajar guna membantu rencana pengembangan produk kreatif unit usaha sekolah di kemudian hari.

How to Cite

file_copyCopy
UTAMI B, Widia Nur; FEBRIANI, Rima; NURSANI, Faradillah. PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI WORKSHOP PLAY-BASED LEARNING DAN PERANCANGAN PRODUK KRIYA KREATIF UNTUK MENDUKUNG RENCANA PENGEMBANGAN UNIT USAHA SEKOLAH. The Proceeding of Community Service and Engagement (COSECANT) Seminar, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 92-95, jan. 2024. ISSN 2986-2892. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/cosecant/article/view/7091>. Date accessed: 10 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/cosecant.v3i1.7091.